STRATEGI JAWA POS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS MEDIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Abstract

AbstrakSebagai salah satu surat kabar terbesar di Indonesia, Jawa Pos telah menorehkan sejarah panjang dalam perjalanan bisnis media cetak hingga saat ini. Jawa Pos berpusat di Surabaya dengan oplah terbesar di Jawa Timur sebesar 559.000 secara Nasional. Jawa Pos adalah koran dengan jaringan terbesar di Indonesia yang memiliki kurang lebih 210 Media Grup, baik media cetak, maupun stasiun televisi lokal yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Area edar Jawa Pos sendiri meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT, NTB, Bali, dan DKI Jakarta. Menurut data survey Nielsen, saat ini Jawa Pos merupakan koran dengan pembaca terbanyakdi Indonesia, survey yang diselenggarakan di sebelas kota tersebut menempatkan Jawa Pos sebagai peringkat pertama Top Daily Newspaper dengan tingkat keterbacaan mencapai 942.000 (Q2 2018). Akan tetapi, di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini, eksistensi Jawa Pos yang hingga awal 2000-an mengalami masa keemasan semakin terancam, menghadapi tantangan yang muncul dari beberapa media baru, kekuatan Jawa Pos seaka-akan tergerus oleh agresivitas saluran media baru yang terus tumbuh dan berkembang di tengah gencarnya persaingan industri bisnis media di Indonesia. Oleh karenanya, Jawa Posperlu menjalankan beberapa strategi dalam upaya menghadapi persaingan industri media diera digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif; yaitu proses penyelidikan untuk memahami masalah sosial atau manusia, berdasarkan penggambaranholistik atas permasalahan yang dihadapi melalui studi literatur dari beberapa sumber ilmiah lainnya. Penelitian ini berusaha untuk mengelaborasi beberapa strategi komunikasi perusahaan media, khususnya yang terjadi di Jawa Pos sebagai bagian dari respon terhadap kerasnya persaingan ekonomi bisnis media di era digital.Kata kunci: Strategi Komunikasi, Bisnis Media, Jawa Pos, Era Industri 4.0
Published
Mar 22, 2019
How to Cite
. STRATEGI JAWA POS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS MEDIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Konvergensi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 19-38, mar. 2019. ISSN 2528-0546. Available at: <http://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/252>. Date accessed: 20 oct. 2020.
Section
Articles