URGENSI LITERASI MEDIA DIGITAL BAGI PEMILIH PEMULA DALAM MENGHADAPI PEMILU 2019

Authors

  • Tri Wahyuti

Abstract

AbstrakPenggunan media internet di era digital saat ini telah menjadi suatu hal yang populer di kalangan anak muda. Melalui perangkat komputer maupun ponsel pribadi anak muda dapat berselancar di dunia maya untuk memenuhi kebutuhannya seperti mencari informasi maupunhiburan. Dalam konteks media baru, pengguna berperan aktif baik dalam menerima informasi maupun menyampaikan informasi. Menghadapi era pemilu 2019 mendatang, anak muda terutama pemilih pemula akan dihadapkan pada informasi-informasi yang diterimanya melalui internet terutama pada masa kampanye yang akan berlangsung pada 13 Oktober 2018 hingga 13 April 2019. Kemampuan anak muda atau pemilih pemula dalam menyaring berita dan atau menjadikannya sebuah rujukan pada masa kampanye 2019, membutuhkan suatu kompetensi literasi media yang dikenal sebagai kemampuan individu atau individual competence, yakni suatu kemampuan seseorang dalam menggunakan dan memanfaatkan media, dilihat dari kemampuan personal dan kemampuan sosial. Tulisan ini memaparkan sejauhmana urgensi kemampuan literasi media digital anak muda terutama pemilih pemula dalam menghadapi pemilu 2019.Kata Kunci: literasi media, digital, politik, pemilu 2019, pemilih pemula, individual competence, personal competence, social competence.

Downloads

Published

2019-03-22

How to Cite

Wahyuti, T. (2019). URGENSI LITERASI MEDIA DIGITAL BAGI PEMILIH PEMULA DALAM MENGHADAPI PEMILU 2019. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 2(2), 39-50. Retrieved from https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/253