Komodifikasi Berita di Balik Laporan Utama Majalah TEMPO Edisi Janji Tinggal Janji

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini mengungkap bagaimana komodifikasi dalam sebuah laporan media massa  cetak. Penulis mengambil objek penelitian majalah mingguan TEMPO, edisi Janji Tinggal Janji, dengan isu utama pelemahan KPK. Edisi ini menarik perhatian lantaran sampul majalah edisi tersebut yang kontroversial. Penulis juga menemukan hal menarik lainnya, yang mungkin secara tidak langsung tim redaksi TEMPO lakukan di balik pemberitaan laporan utama dan beberapa rubrik pelengkapnya. Atas nama independensi atas jurnalisme, produk jurnalistik TEMPO mungkin mengandung komodifikasi. Penulis meneliti komodifikasi menggunakan pendekatan ekonomi politik media, dengan kategorisasi yang diungkap Vincent Mosco. Yakni melalui komodifikasi isi berita, komodifikasi khalayak, dan komodifikasi pekerja media.Kata Kunci: Komodifikasi, ekonomi politik, ideologi
Published
Sep 8, 2020
How to Cite
. Komodifikasi Berita di Balik Laporan Utama Majalah TEMPO Edisi Janji Tinggal Janji. Konvergensi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 95-107, sep. 2020. ISSN 2528-0546. Available at: <http://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/448>. Date accessed: 25 oct. 2020.
Section
Articles