KEMISKINAN DALAM TAYANGAN TV INDONESIA

Atika Budhi Utami, Aviska Ahmad Assagaf

Abstract


ABSTRAK

Media televisi merupakan media yang paling banyak ditonton oleh masyarakat. Tidak hanya terkait teknologi, televisi telah memikat orang dan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Beragam acara televisi pun telah banyak diciptakan baik oleh rumah produksi maupun oleh pekerja media stasiun televisi sendiri. Di antara program acara tersebut, reality show merupakan program acara yang banyak mendapat sambutan cukup baik dari masyarakat. Reality show pun mempunyai beraneka genre yang mengangkat tema tertentu. Salah satu tema yang banyak dijumpai adalah reality show yang menampilkan sisi gelap kehidupan manusia yaitu kemiskinan. Kemiskinan pada acara reality show televisi telah banyak dimanipulasi untuk kepentingan bisnis atau disebut komodifikasi kemiskinan. Komodifikasi (seringkali disalahartikan sebagai komersialisasi) merendahkan nilai otentiknya menjadi terlalu sederhana serta komoditas (Storey: 2015). Tulisan ini merupakan kajian literatur tentang komodifikasi kemiskinan yang bertujuan untuk menggambarkan komodifikasi kemiskinan di acara-acara reality show televisi Indonesia.

Kata Kunci: komodifikasi, kemiskinan, reality show


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Arya, Nosakros., Hafied Cangara., A. Alimuddin Unde. (2013). Komodifikasi Kemiskinan dalam Televisi Indonesia. Jurnal Jurnal Komunikasi Kareba. Vol. 2, No. 2 April - Juni 2013.

Mustofa, As’ad. (2012). Komodifikasi Kemiskinan oleh Media TV. Jurnal Ilmiah Komunikasi | MAKNA Vol. 3 No. 1, Februari – Juli 2012

Nisa, Anis Haifa K. (2014). Komodifikasi Kemiskinan dalam Acara Televisi. Fikom Unisba. 2014.

Storey, John. (2015). Cultural Theory and Popular Culture. 7th Ed. New York: Routledge.

Mosco, Vincent. (2009). The Political Economy of Communication. 2nd. London: Sage Publications.

https://www.bps.go.id/sdgs/1. Diakses pada 1 Agustus 2020, pk. 15:24.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/01/16/televisi-media-paling-banyak-dikonsumsi-milenial-indonesia. Diakses 1 Agustus 2020 pk. 14:23. Sumber: IDN Research Institute. Penulis Andrea Lidwina.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.