KEMISKINAN DALAM TAYANGAN TV INDONESIA

Abstract

ABSTRAK Media televisi merupakan media yang paling banyak ditonton oleh masyarakat. Tidak hanya terkait teknologi, televisi telah memikat orang dan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Beragam acara televisi pun telah banyak diciptakan baik oleh rumah produksi maupun oleh pekerja media stasiun televisi sendiri. Di antara program acara tersebut, reality show merupakan program acara yang banyak mendapat sambutan cukup baik dari masyarakat. Reality show pun mempunyai beraneka genre yang mengangkat tema tertentu. Salah satu tema yang banyak dijumpai adalah reality show yang menampilkan sisi gelap kehidupan manusia yaitu kemiskinan. Kemiskinan pada acara reality show televisi telah banyak dimanipulasi untuk kepentingan bisnis atau disebut komodifikasi kemiskinan. Komodifikasi (seringkali disalahartikan sebagai komersialisasi) merendahkan nilai otentiknya menjadi terlalu sederhana serta komoditas (Storey: 2015). Tulisan ini merupakan kajian literatur tentang komodifikasi kemiskinan yang bertujuan untuk menggambarkan komodifikasi kemiskinan di acara-acara reality show televisi Indonesia.Kata Kunci: komodifikasi, kemiskinan, reality show
Published
Sep 8, 2020
How to Cite
. KEMISKINAN DALAM TAYANGAN TV INDONESIA. Konvergensi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 127-132, sep. 2020. ISSN 2528-0546. Available at: <http://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/450>. Date accessed: 25 oct. 2020.
Section
Articles