KETERAMPILAN SOSIAL SEBAGAI PREDIKTOR PEMBENTUKAN KONSEP DIRI AKADEMIK PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF

Authors

  • Fitria Dwi Pratiwi Universitas Indonesia
  • Frieda Maryam Mangunsong Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v9i2.186

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan sosial terhadap konsep diri akademik pada siswa berkebutuhan khusus (special needs). Hal tersebut didasarkan pada pentingnya komponen akademis dalam konsep diri terutama bagi siswa berkebutuhan khusus karena berkaitan langsung dengan pencapaian prestasi akademiknya. Prestasi akademik di sekolah saat ini merupakan ukuran keberhasilan siswa dalam menempuh pelajaran di sekolah. Marsh (2003) mengungkapkan bahwa konsep diri akademis dapat membuat individu menjadi  lebih  percaya  diri  dan  merasa  yakin  akan  kemampuan  mereka. Konsep diri akademik dalam penelitian ini didefinikan sebagai penilaian siswa terhadap kemampuan akademik yang dimiliki (Atmasari, 2009) serta melihat seberapa baik performanya di sekolah atau seberapa baik dirinya belajar (Huitt, 2004). Perkembangan konsep diri akademik sendiri tidak terlepas dari adanya interaksi dengan orang lain, yang ditunjukkan dalam keterampilan sosial sehari-hari. Keterampilan sosial adalah suatu hal yang penting untuk dikembangkan saat pendidikan dasar dimana pada usia sekolah dasar siswa mulai beradaptasi dengan lingkungan pembelajaran di sekolah yang memungkinkannya untuk berinteraksi lebih sering dengan teman dan guru (Rimm-Kaufman, Curby, Grimm, Brock, & Nathanson, 2009). Dimensi keterampilan sosial adalah komunikasi, kerja sama, ketegasan, tanggung jawab, empati, keterlibatan, dan pengendalian diri (Gresham & Elliott, 2008). Penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan metode Enter dan responden penelitian ini adalah 292 siswa dengan kebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konsep diri akademik siswa (p <0,05). Dimensi tanggung jawab memiliki pengaruh terkuat dengan nilai R. Square adalah .115 (p <.005).Kata kunci: keterampilan sosial, konsep diri akademik, pendidikan inklusif, siswa berkebutuhan khusus 

Downloads

Published

2018-12-26

Issue

Section

Articles