EFEKTIVITAS PROGRAM DISABILITY AWARENESS DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU SD REGULER TENTANG SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Rindya Ayu Murti Universitas Indonesia
  • Elok Dianike Malay Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v10i1.213

Keywords:

siswa berkebutuhan khusus, anak berkebutuhan khusus, disability awareness, sekolah dasar, guru

Abstract

ABSTRAKPengetahuan yang memadai tentang disabilitas merupakan hal penting bagi guru terutama ketika mereka menghadapi siswa berkebutuhan khusus. Salah satu cara untuk membekali pengetahuan tersebut ialah melalui disability awareness. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas program disability awareness dalam meningkatkan pengetahuan guru SD reguler mengenai siswa berkebutuhan khusus. Dua belas orang guru diuji dengan tes pengetahuan tentang siswa berkebutuhan khusus sebelum dan sesudah program disability awareness. Dengan analisis statistik paired-sample t-test, diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan guru tentang siswa berkebutuhan khusus yang signifikan setelah diberikan program disability awareness (t=4,244; df=11; p=0,001). Penerapan dari program ini dapat diberikan kepada guru-guru di SD reguler yang mengajar siswa berkebutuhan khusus.Kata kunci : siswa berkebutuhan khusus, anak berkebutuhan khusus, disability awareness, sekolah dasar, guru ABSTRACTTeacher’s knowledge about disability is crucial to handle special needs student. Disability awareness program can be applied to equip that knowledge among teachers. The primary aim of this study was to evaluate the effectiveness of disability awareness program to increase knowledge about special needs students among teachers in regular elementary school. Twelve teachers completed test about special needs students before and after the program is delivered. Based on statistical analysis using paired-sample t-test, it revealed a significant increase about special needs students among teachers after disability awareness program is given (t=4,244; df=11  p=0,001). This program can be applied to regular school teachers who teach special needs student.Keywords: special needs students, special needs children, disability awareness, elementary school, teacher

Author Biography

Rindya Ayu Murti, Universitas Indonesia

Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

References

Anastasi, A. & Urbina, S. (1997). Psychological testing. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Cohen, R. J. & Swerdlik, M. E. (2005). Psychological testing and assessment 6th ed. New York: McGraw Hill

Columna, L., Yang, S., Arndt, K., & Lieberman, L. (2009). Using online videos for disability awareness. Journal of Physical Education, Recreation, & Dance, 80(8), 19-24. doi: 10.1080/07303084.2009.10598369

Damayanti, T., Hamdan, S. R., & Khasanah, A. N. (2017). Kompetensi guru dalam proses pembelajaran inklusi pada guru sd negeri di kota Bandung. SCHEMA Journal of Psychological Research, 3(1), 79-88.

Elisa, S., Wrastari, A. T. (2013). Sikap guru terhadap pendidikan inklusi ditinjau dari faktor pembentuk sikap. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(1), 52-61.

Hall, E. W. (2007). The effects of disability awareness trainings with career and technical educators teaching in high need rural school. Rural Special Education Quarterly, 26(3), 16-24. doi:10.1177/875687050702600303.

Ison, N., Mclyntre, S., Rothery, S., Smithers-Sheedy, H., Goldsmith, S., & Parsonage, S. (2010). Just like you: A disability awareness programme for children that enhance knowledge, attitude, and acceptance. Developmental Neurorehabilitation, 13, 360-368.

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2009). Evaluating training programs. New York: Berret-Koehler Publisher.

Komariyah, S. N., Bagaskorowati, R. & Lianty, L. (2017). Pemahaman guru terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif wilayah kabupaten Seribu. Jurnal Parameter, 29(2), 216-222. doi: doi.org/10.21009/parameter.292.09

Lindsay, S. & Edwards, A. (2012). A systematic review of disability awareness interventions for children and youth. Disability & Rehabilitation, 1-24.

Loreman, T., Deppeler, J., & Harvey, D. (2005). Inclusive education: A practical guide to supporting diversity in the classroom. Singapura: Routledge Falmer Taylor & Francis Group.

Magnusson, D. M., Call, F. & Boissonnault, J. S. (2017). Influence of a short-time disability awareness program on knowledge and attitudes of school-aged children in Southern Belize: Results of a community-university partnership. Physical Therapy, 97(4), 408-416.

Maulipaksi, D., & Langguana, A. (2017). Sekolah inklusi dan pembangunan SLB dukung pendidikan inklusi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/02/sekolah-inklusi-dan-pembangunan-slb-dukung-pendidikan-inklusi

Mustofa, A. (2017). Sikap guru kelas terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif wilayah kabupaten Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Salamah, U. (2015). Kesiapan guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus di sd negeri pojok kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Tarnoto, N. (2017). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi sekolah penyelenggara pendidikan inklusi pada tingkat sd. Humanitas, 13(1), 50-61.

Downloads

Published

2019-09-06

Issue

Section

Articles