MENGAPA MEMILIH SEKOLAH INTERNASIONAL? (STUDI KASUS PENGAMBILAN KEPUTUSAN ORANGTUA DALAM PEMILIHAN SEKOLAH UNTUK ANAK)

Authors

  • Wiwin Hendriyani
  • Nadya Nadya

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v9i1.221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengambilan keputusan pada orangtua yang memilih sekolah internasional sebagai tempat belajar formal anak, dengan menggunakan perspektif teoritik proses pengambilan keputusan yang dikembangkan oleh Brunson (2013). Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Partisipan terdiri dari orangtua siswa Sekolah Dasar (SD) Internasional di Surabaya. Penggalian data dilakukan dengan wawancara. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman (1992) yang mencakup tiga tahapan pokok, yaitu: (1) Reduksi data; (2) Penyajian data; serta (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan berlangsung dalam tiga tahap yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang bersifat personal maupun terkait dengan lingkungan. Tiga faktor awal – prinsip personal, pengalaman, dan idealisme pendidikan formal – membangkitkan kesadaran orangtua tentang kriteria sekolah yang tepat untuk anak dan bergerak untuk mencari alternatif sekolah sesuai karakteristik tersebut. Tahap ini diikuti oleh serangkaian upaya orangtua untuk lebih mendalami dan melakukan penilaian terhadap berbagai pilihan sekolah yang tersedia untuk anak, sebelum akhirnya mereka sampai pada keputusan sekolah mana yang akan dipilih. Hasil penelitian ini memberi catatan penting bagi sekolah-sekolah yang menggunakan kurikulum nasional untuk terus melakukan evaluasi, berbenah meningkatkan citra dan kualitas pendidikan yang dilaksanakan.

Downloads

Published

2022-12-21

Issue

Section

Articles