PERAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KUALITAS PERTEMANAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF

Cut Mellyza Rizka, Farida Kurniawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan serta pengaruh keterampilan sosial terhadap kualitas pertemanan pada anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Jumlah partisipan sebanyak 292 anak berkebutuhan khusus yang belajar di sekolah dasar inklusif Jakarta. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Skill Improvement System (SSIS) dari Gresham & Elliot (2008) untuk keterampilan sosial dan Friendship Quality Questionaire (FQQ) dari Parker & Asher (1993) untuk mengukur kualitas pertemanan. Seluruh data penelitian akan dianalisis menggunakan teknik regresi tunggal (simple regression). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa keterampilan sosial memiliki hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pertemanan (p<0.05). Keterampilan sosial menyumbang pengaruh sebesar 42,8% terhadap kualitas pertemanan, dan sebesar 51, 2% dipengaruhi oleh variabel lain.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.