EFEKTIVITAS JALAN KAKI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU DUDUK PADA ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER

Authors

  • Mery Oktaviani
  • Rini Budi Setyowati
  • Handrix Chris Haryanto

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v9i1.224

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas jalan kaki pada peningkatan perilaku duduk pada siswa dengan Autism Spectrum Disorder. Subyek penelitian ini adalah seorang anak usia 9 tahun 11 bulan dengan kondisi Autism Spectrum Disorder, yang memiliki gangguan pada perilaku duduk yaitu tidak dapat duduk tenang saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Case Study Pretest and Posttest Design. Alat ukur perilaku duduk yang digunakan adalah alat ukur yang dirancang oleh peneliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui pretest-posttest control one case study design. Penilaian dalam pretest maupun posttest dilakukan pada satu subyek yang sama. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan perilaku duduk pada subyek, setelah diberikan intervensi jalan kaki selama kurang lebih 40 menit setiap hari (selama dua bulan). dengan diberikan pemberian beban sebesar 10% dari berat badan Subyek, yang memberikan sensasi deep pressure dan joint compression yang diterima oleh sistem indera propioseptif dari Subyek.

Downloads

Published

2022-12-21

Issue

Section

Articles