PENINGKATAN DUKUNGAN SOSIAL PADA SISWA SMA “X” DENGAN INTRAGROUP ACTIVITIES DAN INTERGROUP COMPETITION

Anisah Aninditya Rahmaputri, Dianti Endang Kusumawardhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dukungan sosial yang dirasakan antar siswa SMA. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimental dengan metode pengukuran pre-test dan post-test. Partisipan adalah remaja kelas 10 dan 11 siswa SMA “X” (N = 39). Berdasarkan hasil studi baseline ditemukan bahwa dukungan sosial yang dirasakan oleh siswa dari keempat sumber tinggi, dengan dukungan sosial yang dirasakan dari teman sebaya pada posisi terendah yaitu dengan nilai rata-rata 2.9556. Dari hasil studi baseline ini peneliti menetapkan program intervensi untuk meningkatkan dukungan sosial yang dirasakan antar siswa. Program intervensi dirancang dalam bentuk membentuk kelompok dukungan sosial yang kemudian akan melakukan kegiatan dalam kelompok dan kompetisi antar kelompok. Berdasarkan hasil dari intervensi diketahui bahwa program tidak memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan dukungan sosial yang dirasakan oleh siswa.


Keywords


dukungan sosial; kegiatan dalam kelompok; kelompok dukungan sosial; kompetisi antar kelompok; remaja; sekolah.

Full Text:

PDF

References


Debora, Y. (2016, 6 Agustus). Mendikbud: kualitas pendidikan ditentukan guru. Tirto.id. Diakses dari: https://tirto.id/mendikbud-kualitas-pendidikan-ditentukan-guru-bxZK.

Gutiérrez, M., Tomás, J. M., Romero, I., & Barrica, J. M. (2017). Perceived social support, school engagement and satisfaction with school. Revista de Psicodidáctica, 22 (2), 111-117.

Kiefer, S. M., Alley, K. M., & Ellerbrock, C. R. (2015). Teacher and peer support for young adolescents’ motivation, engagement, and school belonging. RMLE Online, 38(8), 1-18.

Kozan, S., Fabio, A. D., Blustein, D. L., & Kenny, M. E. (2013). The role of social support and work-related factors on the school engagement of Italian high school students. Journal of Career Assessment, 22(2), 1-10.

Malecki, C. K., & Demaray, M. K. (2003). What type of support do they need? Investigating student adjustment as related to emotional, informational, appraisal, and instrumental support. School psychology quarterly, 13(3), 231-252.

Song, J., Bong, M., Lee, K., & Kim, S. (2015). Longitudinal investigation into the role of perceived social support in adolescents’ academic motivation and achievement. Journal of Educational Psychology, 107(3), 821-841.

Wang, M. T., & Eccles, J. S. (2012). Social support matters: Longitudinal effects of social support on three dimensions of school engagement from middle to high school. Child development, 83(3), 877-895.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.