EFEK PENGUMUMAN PERUBAHAN DIVIDEN TERHADAP REAKSI PASAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Darmawan Dr Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Karakteristik Perusahaan, Kebijakan dividen, Reaksi Pasar

Abstract

Penelitian ini meneliti teori signaling tentang bagaimana pasar/ para investor menanggapi pengumuman dividen yang dilakukan oleh perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada kurun waktu 2008 – 2012. Secara umum tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengembangkan pendekatan-pendekatan teoritikal baru, sebagai upaya untuk menyelesaikan kontroversi konseptual mengenai dampak kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Yang secara rinci, tujuan khususnya: Menganalisis dan menguji secara empirik reaksi pasar terhadap pengumuman pengurangan dividen dan kenaikan dividen; serta Menganalisis dan menguji secara empirik Variabel - variabel karakteristik khusus perusahaan yang mempengaruhi reaksi pasar. Sampel adalah seluruh perusahaan yang mengumumkan kebijakan devidennya selama 5 tahun sebebanyak 242 perusahaan dengan 729 peristiwa pengumuman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada seluruh peristiwa pengumuman dividen ditemukan reaksi yang signifikan dari pasar. Pada pengumuman penurunan dividen 5 observasi yang signifikan dan 1 sesuai secara teoritis. Pada pengumuman kenaikan dividen terdapat 3 observasi yang signifikan dan sesuai dengan teori. Penelitian ini juga menunjukkan tidak ada satupun karakteristik perusahaan yang signifikan mampu menjelaskan reaksi pasar untuk seluruh pengumuman – pengumuman dividen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-08-17

How to Cite

Dr, D. (2020). EFEK PENGUMUMAN PERUBAHAN DIVIDEN TERHADAP REAKSI PASAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 1(2). Retrieved from https://journal.paramadina.ac.id/index.php/madani/article/view/159

Issue

Section

Articles