EFEK PENGUMUMAN PERUBAHAN DIVIDEN TERHADAP REAKSI PASAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Abstract

Penelitian ini meneliti teori signaling tentang bagaimana pasar/ para investor menanggapi pengumuman dividen yang dilakukan oleh perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada kurun waktu 2008 – 2012. Secara umum tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengembangkan pendekatan-pendekatan teoritikal baru, sebagai upaya untuk menyelesaikan kontroversi konseptual mengenai dampak kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Yang secara rinci, tujuan khususnya: Menganalisis dan menguji secara empirik reaksi pasar terhadap pengumuman pengurangan dividen dan kenaikan dividen; serta Menganalisis dan menguji secara empirik Variabel - variabel karakteristik khusus perusahaan yang mempengaruhi reaksi pasar. Sampel adalah seluruh perusahaan yang mengumumkan kebijakan devidennya selama 5 tahun sebebanyak 242 perusahaan dengan 729 peristiwa pengumuman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada seluruh peristiwa pengumuman dividen ditemukan reaksi yang signifikan dari pasar. Pada pengumuman penurunan dividen 5 observasi yang signifikan dan 1 sesuai secara teoritis. Pada pengumuman kenaikan dividen terdapat 3 observasi yang signifikan dan sesuai dengan teori. Penelitian ini juga menunjukkan tidak ada satupun karakteristik perusahaan yang signifikan mampu menjelaskan reaksi pasar untuk seluruh pengumuman – pengumuman dividen.
Published
Aug 17, 2020
How to Cite
. EFEK PENGUMUMAN PERUBAHAN DIVIDEN TERHADAP REAKSI PASAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani, [S.l.], v. 1, n. 2, aug. 2020. ISSN 2615-0662. Available at: <http://journal.paramadina.ac.id/index.php/madani/article/view/159>. Date accessed: 25 oct. 2020.
Section
Articles

Keywords

Karakteristik Perusahaan; Kebijakan dividen; Reaksi Pasar