PENGARUH KEPERCAYAAN SITUS ZOMATO TERHADAP KETERTARIKAN PELANGGAN DALAM MEMILIH RESTORAN SAINE DAISE

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan Situs Zomato terhadap ketertarikan pelanggan dalam memilih Restoran Saine Daise. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratifications, Komunikasi Organisasi, Public Relations, Psikologi Komunikasi, Perilaku Konsumen (Consumer Behavior), Komunitas, dan Interaktivitas. Metodologi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan paradigma positivistik dan proses pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai data primer dan studi kepustakaan sebagai data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabilitas dengan menggunakan teknik sampling sensus yang melibatkan total 100 responden. Dimensi yang digunakan pada penelitian ini ada 3 dalam mengukur variabel kepercayaan, yaitu kepercayaan, pencarian informasi, dan sharing. Dimensi yang digunakan untuk mengukur variabel ketertarikan juga ada 3 yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh pada keputusan beli pelanggan dengan nilai koefisien sebesar 0,709 dan koefisien determinasi sebesar 51,5%. Dimensi kepercayaan dalam penggunaan situs sangat penting karena berperan sebesar 2,7933. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan dengan ketertarikan pelanggan. Kata Kunci: kepercayaan, ketertarikan pelanggan ABSTRACTThis research aims to determine the influence of Zomato’s Website credibility on customers’ interest in choosing Saine Daise Restaurant. Uses and Gratifications, Organizations Communication, Public Relations, Psychology Communications, Consumer Behaviour, Community, and Interactivity were used in this research as the based theories and concept. A questionnaire was distributed among 100 respondents who came to Saine Daise Restaurant with three dimensions to measure trust, which were trust, finding informations, and sharing, and three other dimensions to measure interest which were cognitive, affective, and conative. The result of the analysis of the data shows that trust has influenced customer’s interest which is indicated by 0,709 points of coefficient and with 52,5% of determination coefficient. The "trust" dimension plays a very important part compared to other dimension in variable X with the mean of 2,7933. It can be concluded that there is a significant influence between the trust and the customer's interest based on the hypothesis test. Keywords: trust, customer interest
Published
Oct 29, 2019
How to Cite
. PENGARUH KEPERCAYAAN SITUS ZOMATO TERHADAP KETERTARIKAN PELANGGAN DALAM MEMILIH RESTORAN SAINE DAISE. Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 145-158, oct. 2019. ISSN 2615-0662. Available at: <http://journal.paramadina.ac.id/index.php/madani/article/view/164>. Date accessed: 25 oct. 2020.
Section
Articles

Keywords

kepercayaan; ketertarikan pelanggan