LITERATURE REVIEW ON THE IMPORTANCE OF SELF-REGULATION AND INTERNET SELF-EFFICACY IN WEB-BASED LEARNING

Winarto Winarto

Abstract


Abstrak
Metode belajar mengajar telah berubah karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perubahan tersebut telah merevolusi pendekatan belajar mengajar yang berpusat pada guru/pendidik menjadi pendekatan belajar yang berpusat pada siswa melalui pembelajaran berbasis web (web-based learning). Makalah ini menjelaskan dan mengulas dua konsep penting dalam pembelajaran berbasis web, yaitu self-regulated learning dan Internet self-efficacy. Dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai definisi dua konsep tersebut dan memberi argumen berdasarkan penelusuran literatur dan penelitian-penelitian terdahulu mengapa self-regulated learning dan Internet self-efficacy penting dalam menunjang prestasi dan performa belajar siswa. Dalam lingkungan belajar virtual, para siswa diwajibkan untuk membangun pengetahuan dan bekerja berdasarkan pendekatan konstruktivis. Umpan balik dan orientasi harus disampaikan kepada siswa untuk membantu mereka menjadi peserta didik yang mandiri. Selain itu, program pelatihan dan training sangat penting dilakukan untuk meningkatkan Internet self-efficacy dalam rangka untuk mencapai hasil belajar yang optimal di dalam lingkungan belajar virtual.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.