ENHANCING COMPETITIVE IDENTITY IN GLOBAL COMPETITION: A COMPARATIVE STUDY OF GASTRODIPLOMACY IN MALAYSIA AND SOUTH KOREA

Grace Debora

Abstract


Abstrak: Perekonomian dunia tengah mengalami perubahan-perubahan yang transformatif dan signifikan, dimana hal ini memberikan ruang dan kesempatan lebih bagi negara untuk bermanuver dalam forum internasional. Meskipun demikian, di saat yang sama, perubahanperubahan tersebut telah  mempertajam persaingan yang makin ketat antar negara dalam hal pendapatan, investasi, dan juga ekspansi ekspor. Dalam konteks ini, peranan identitas yang kompetitif sebagai pendaya-gunaan identitas nasional untuk meningkatkan reputasi suatu negara dilaksanakan untuk mendukung negara tersebut dalam kompetisi ekonomi dunia. Negaranegara
dengan identitas kompetitif yang kuat akan mampu bersaing dengan lebih baik dalam ekonomi politik global. Malaysia dan Korea Selatan adalah contoh dari negara-negara dengan kekuatan menengah yang mampu menggunakan identitas kompetitif mereka untuk memperkuat keberadaan dan pengaruh mereka dalam persaingan ekonomi dunia. Kedua negara tersebut telah mengembangkan Gastrodiplomasi mereka sebagai sarana untuk melaksanakan diplomasi budaya dan diplomasi publik yang mendukung kebijakan ekonomi  mereka pada tingkat internasional. Tulisan ini akan mengidentifikasi dan menjelaskan perkembangan  Gastrodiplomasi sebagai wujud baru dari diplomasi publik dan diplomasi budaya dengan menjadikan Malaysia dan Korea Selatan sebagai studi kasus

Keywords


Gastrodiplomasi, Identitas Kompetitif, Nation Branding, Persaingan Global

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.