Representasi Peran Ibu dalam Film Ngeri-ngeri Sedap

Analisis Semiotika Roland Barthes

Authors

  • Misyka Zahra Universitas Paramadina
  • Naufal
  • Rayhan Salman Al Farisi

DOI:

https://doi.org/10.51353/kvg.v5i2.1025

Abstract

Film "Ngeri-Ngeri Sedap"  menampilkan dinamika keluarga Batak yang diwarnai konflik antara orang tua dan anak-anak mereka yang enggan pulang kampung.  Film ini  menawarkan  gambaran  tentang  pergeseran  nilai-nilai  dan  peran  dalam  keluarga  Batak  kontemporer.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  peran  ibu  dalam  film  tersebut  dengan  menggunakan  pendekatan  semiotika  Roland  Barthes. Melalui  analisis  dialog  antar  tokoh,  ditemukan  bahwa  ibu  (Mak Domu)  tidak  hanya  berperan  sebagai  penjaga  keharmonisan  rumah  tangga,  tetapi  juga  menunjukkan  keberanian  dalam  menentang  stereotip  dan  memperjuangkan  hak-haknya  sebagai  perempuan.  Mak Domu  merepresentasikan  perempuan  Batak  modern  yang  mandiri,  kritis,  dan  berani  menyuarakan  pendapat.  Penelitian ini, menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang mana lebih mengarah kepada analisis mendalam terhadap suatu objek yang diteliti. Hasil penelitian  ini  mengungkapkan  bahwa  film  "Ngeri-Ngeri  Sedap"  menawarkan  pemaknaan  baru  tentang  peran  ibu  dalam  keluarga  Batak,  yang  tidak  lagi  terbatas  pada  tugas-tugas  domestik,  tetapi  juga  aktif  dalam  mengambil  keputusan  dan  menentukan  arah  keluarga. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa film ini mencerminkan sebuah transformasi dalam peran gender dalam masyarakat, di mana ibu tidak hanya sebagai figur pendukung, tetapi turut menjadi agen perubahan dalam keluarga. Dengan demikian, film ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media refleksi sosial yang mengangkat isu-isu penting terkait peran keluarga, tradisi, dan modernitas dalam masyarakat Indonesia saat ini.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Zahra, M., Ramadhan, N. H., & Al Farisi, R. S. (2024). Representasi Peran Ibu dalam Film Ngeri-ngeri Sedap: Analisis Semiotika Roland Barthes. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(2), 155–167. https://doi.org/10.51353/kvg.v5i2.1025

Issue

Section

Articles