PERAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UMKM
DOI:
https://doi.org/10.51353/bw82nf35Keywords:
TikTok, digital marketing, brand awareness, UMKM, kulinerAbstract
Penelitian ini mengkaji peran TikTok sebagai media digital marketing dalam meningkatkan brand awareness UMKM, dengan fokus pada usaha kuliner Bakso Granat Mas Azis Palembang. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif melalui wawancara dengan pemilik, karyawan, dan pelanggan, observasi konten TikTok, serta dokumentasi aktivitas pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok berkontribusi signifikan dalam meningkatkan pengenalan merek, daya ingat konsumen, serta interaksi pelanggan, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja penjualan sekitar 25–30%. Namun, tantangan tetap ada terkait konsistensi produksi konten dan adaptasi terhadap algoritma platform. Penelitian ini menyimpulkan bahwa TikTok merupakan media efektif bagi UMKM untuk memperkuat kehadiran merek, serta merekomendasikan penelitian lanjutan dengan pendekatan kuantitatif untuk mengukur dampak TikTok secara statistik terhadap kinerja pemasaran digital.References
Aaker, D. (2015). Four ways digital works to build brands and relationships. Journal of Brand Strategy, 4(1), 37. https://doi.org/10.69554/qmbq9109
Evita, A., & Ali, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Public Relations Banban Tea Untuk Pembentukan Citra Merek. EProceedings of Management, 10(1), 468.
Krismajayanti, N. P. A., Nurmalasari, M. R., Prawitasari, P. P., Yani, N. W. M. N., & Kusnita, K. L. (2024). How Does TikTok Helps SMEs in Business? Lecture Notes in Networks and Systems, 923 LNNS. https://doi.org/10.1007/978-3-031-55911-2_32
Kristyanto, V. S., Yuanta, N., & Budiarsi, S. Y. (2022). Pengaruh Social Media Marketing TikTok terhadap Brand Loyalty J&T Express. Majalah Ekonomi, 27(1), 35–43. https://doi.org/10.36456/majeko.vol27.no1.a5532
Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer Marketing: How Message Value and Credibility Affect Consumer Trust of Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 19(1). https://doi.org/10.1080/15252019.2018.1533501
Miles, M. b, Huberman, M. a, & Saldana, J. (1994). Qualitative Data Analysis - A Method Sourcebook. In Sage Publications.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Putri, V. N., & Paramita, S. (2023). Strategi Komunikasi Perusahaan Fashion di Sosial Media dalam Meningkatkan Brand Awareness. Kiwari, 2(2), 303–309. https://doi.org/10.24912/ki.v2i2.24020
Rahmatika, R., Dhika, H., & Isnain, N. (2020). Penerapan E-Commerce pada Kelompok PKK di Kelurahan Pabuaran – Cibinong. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.4614
Rahmatillah, F., & Saefuloh, D. (2022). Analisis Pengaruh Konten Pemasaran Tiktok terhadap Niat beli: Studi Kasus pada Produk UMKM Makanan. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar.
Voorveld, H. A. M., van Noort, G., Muntinga, D. G., & Bronner, F. (2018). Engagement with Social Media and Social Media Advertising: The Differentiating Role of Platform Type. Journal of Advertising, 47(1). https://doi.org/10.1080/00913367.2017.1405754
Wardhana, A. (2022). Brand Image Dan Brand Awareness. Brand Marketing: The Art of Branding, January, 105–116.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tiara Nesva Laraskana, Icuk M. Sakir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak kepada jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution CC BY yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karyanya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awal di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang dipublikasikan.


