PETA JALAN PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PROMOSI DAN PEMASARAN DESTINASI WISATA KOTA SABANG
DOI:
https://doi.org/10.51353/kvg.v3i1.609Abstract
Sektor ekonomi kreatif dinilai mampu mempertegas dan memperkaya identitas nasional bangsa Indonesia karena dapat memadukan ide, seni, dan inovasi berbasis teknologi dan budaya yang tumbuh di kalangan masyarakat lokal. Melalui dukungan ekonomi kreatif, bangsa bisa memperoleh manfaat, yaitu pertumbuhan ekonomi yang pro-rakyat, pemanfaatan sumber daya alam secara efektif serta penguatan identitas kultural yang justru akan mempertegas dan memperkaya identitas nasional bangsa. Maksud dari penyusunan peta jalan (Roadmap) pengembangan ekonomi kreatif Kota Sabang adalah untuk memetakan dan mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang ada di Sabang sebagai bagian menyinergikan antara pemetaan potensi daerah yang ada dan pengembangan yang bertumpu pada bidang ekonomi kreatif masyarakat. Objek pada kajian ini adalah Bappeda Kota Sabang, Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, DPMPTSPNAKER dan Pelaku Kreatif di 17 (tujuh belas) sub sektor di Kota Sabang. Berdasarkan hasil kajian akademis yang mendalam, lahirlah 3 (tiga) tujuan pengembangan ekonomi kreatif Kota Sabang, diantaranya mengembangkan dan meningkatkan kelembagaan Ekonomi kreatif Kota Sabang, meningkatkan kapasitas pelaku dan ekosistem ekonomi kreatif Kota Sabang, dan menyinergikan ekonomi kreatif sebagai pendukung utama pengembangan pariwisata Sabang. Kata Kunci: ekonomi kreatif, pariwisata, Sabang, pariwisata, komunikasi pariwisataDownloads
Published
2022-04-06
How to Cite
Iskandar, A., Fayadi, H., & Meldi Kesuma, T. (2022). PETA JALAN PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PROMOSI DAN PEMASARAN DESTINASI WISATA KOTA SABANG. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.51353/kvg.v3i1.609
Issue
Section
Articles