PETA JALAN PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PROMOSI DAN PEMASARAN DESTINASI WISATA KOTA SABANG

Authors

  • Adnan Iskandar
  • Hasbul Fayadi
  • Teuku Meldi Kesuma

DOI:

https://doi.org/10.51353/kvg.v3i1.609

Abstract

Sektor ekonomi kreatif dinilai mampu mempertegas dan memperkaya identitas  nasional bangsa Indonesia karena dapat memadukan ide, seni, dan inovasi berbasis  teknologi dan budaya yang tumbuh di kalangan masyarakat lokal. Melalui dukungan ekonomi   kreatif, bangsa bisa memperoleh manfaat, yaitu pertumbuhan ekonomi   yang pro-rakyat, pemanfaatan sumber daya alam secara efektif serta penguatan identitas kultural yang justru akan mempertegas dan memperkaya identitas nasional bangsa. Maksud dari penyusunan peta jalan (Roadmap) pengembangan ekonomi   kreatif Kota Sabang adalah untuk memetakan dan mengembangkan potensi ekonomi   kreatif yang ada di Sabang sebagai bagian menyinergikan antara pemetaan potensi  daerah yang ada dan pengembangan yang bertumpu pada bidang ekonomi   kreatif masyarakat. Objek pada kajian ini adalah Bappeda Kota Sabang, Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, DPMPTSPNAKER dan Pelaku Kreatif di 17 (tujuh belas) sub sektor di Kota Sabang. Berdasarkan hasil kajian akademis yang mendalam, lahirlah 3 (tiga) tujuan pengembangan ekonomi kreatif Kota Sabang, diantaranya mengembangkan dan meningkatkan kelembagaan Ekonomi kreatif  Kota Sabang, meningkatkan kapasitas  pelaku dan ekosistem ekonomi   kreatif Kota Sabang, dan menyinergikan ekonomi   kreatif sebagai pendukung utama pengembangan pariwisata Sabang. Kata Kunci: ekonomi kreatif, pariwisata, Sabang, pariwisata, komunikasi pariwisata

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Iskandar, A., Fayadi, H., & Meldi Kesuma, T. (2022). PETA JALAN PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PROMOSI DAN PEMASARAN DESTINASI WISATA KOTA SABANG. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.51353/kvg.v3i1.609