STRATEGI PENGGUNAAN KEY OPINION LEADER (KOL) DI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK SANIA ROYALE SOYA OIL

Authors

  • Sahara Baharsyam
  • Tri Wahyuti

DOI:

https://doi.org/10.51353/kvg.v3i1.612

Abstract

Penggunaan Key Leader Opinion (KOL) atau biasa disebut dengan influencer telah menjadi trend promosi di era digital saat ini. Penggunaan KOL dianggap mampu mendorong daya beli masyarakat. Salah satu produk di Indonesia yaikni Sania Royale Soya Oil yang telah bekerjasama dengan para KOL untuk melakukan promosi dengan tujuan meningkatkan brand awareness pada produk Sania Royale Soya Oil sebagai produk baru dalam pasar minyak goreng yang menggunakan 100% kedelai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Sania Royale Soya Oil dalam menggunakan KOL untuk meningkatkan brand awareness. Dengan metode dan sifat penelitian deksrikptif kualitatif yang dibantu dengan teknik pengumpulan data wawancara terhadap dua informan (Digital Marketing Manager dan KOL Management Agency) dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan ada enam cara dalam membuat strategi penggunaan KOL untuk meningkatkan brand awareness Sania Royale Soya Oil. Tahapan pertama adalah analisa situasi (situation), dimana Sania Royale Soya Oil merupakan produk minyak goreng murni dari 100% kedelai yang baru saja launching dipasaran, dan belum banyak memiliki customer dan sangat memerlukan peningkatan dalam brand awareness. Tahap kedua yakni menentukan tujuan (objective) yaitu untuk meningkatkan brand awareness dan enagegement pada media sosial Sania Roayle Soya Oil dan juga meningkatkan penjualan. Tahap ketiga yakni menyusun strategi (Strategy), diantaranya pemilihan KOL, pembuatan brief konten yang baik, komunikasi yang baik antara KOL dengan brand. Tahap keempat yaitu menyusun taktik (tactics) yaitu merinci strategi yang sudah disusun seperti konten postingĀ  KOL, caption, hashtag, timeline posting, dan lain-lain. Tahap kelima yakni action, dengan melaksanakan strategi dan taktik yang sudah dibuat, dan tahap terakhir adalah pengawasan (controlling), pada tahap ini brand harus melakukan pengawasan dari hasil kerjasama yang telah dilakukan oleh KOL, ini bisa dilihat dari laporan hasil kerjasama yang berisikan data insight dari konten yang diunggah oleh KOL. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Key Opinion Leader (KOL), Digital Marketing, SOSTAC, Sania Royal Soya Oil, Media Sosial

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Baharsyam, S., & Wahyuti, T. (2022). STRATEGI PENGGUNAAN KEY OPINION LEADER (KOL) DI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK SANIA ROYALE SOYA OIL. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.51353/kvg.v3i1.612