HUBUNGAN ANTARA PELAYANAN PRIMA UNIT PENGELOLA PROGRAM STUDI (UPPS) DAN KEPUASAN DOSEN DI KAMPUS CIPAYUNG UNIVERSITAS PARAMADINA

Authors

  • Lina Anggraeni
  • Kurniawaty Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.51353/kvg.v4i1.793

Abstract

Universitas Paramadina dalam meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru, berusaha memberikan pelayanan prima untuk mahasiswa dan para dosen sebagai penyelenggara pendidikan. Hal ini dilakukan untuk memenangkan persaingan dengan berbagai perguruan tinggi swasta lainnya. Kehadiran Kampus Cipayung sebagai pengembangan dari Universitas Paramadina, menghadirkan pelayanan prima yang diselenggarakan oleh Unit Pengelolaan Program Studi (UPPS). Unit ini terdiri dari tenaga kependidikan (tendik) yang bertanggungjawab memberikan pelayanan prima bagi mahasiswa dan dosen di Kampus Cipayung. Pada penelitian kali ini, berfokus pada hubungan antara pelayanan prima dengan kepuasan dosen Fakultas Ilmu Rekayasa (FIR) di Kampus Cipayung. FIR terdiri dari program studi Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Teknik Informatika. Pelayanan prima mencakup A6 yaitu : sikap, perhatian, tindakan, kemampuan, penampilan, tanggungjawab yang dilakukan UPPS Kampus Cipayung. Sementara kepuasan mencakup pada penilaian : kecepatan, ketepatan, keramahan, dan kenyamanan pelayanan yang diterima oleh dosen. Metode penelitian, menggunakan kuantitatif survei yang bersifat deskriptif. Sample disebarkan kepada 23 dosen tetap dan dosen homebase. Ada dua dosen yang tidak mengisi kuesioner. Hasilnya menunjukkan bahwa kedua variabel dinyatakan signifikan dan memiliki nilai korelasi sebesar 0,864. Maknanya derajat korelasi atau hubungan antara pelayanan prima UPPS terhadap kepuasan dosen di Kampus Cipayung Universitas Paramadina, sangat kuat. Meskipun beberapa saran positif dari para dosen untuk meningkatkan pelayanan prima menjadi lebih baik. Yaitu penentuan standar waktu untuk penyelesaian permintaan di setiap pelayanan yang diberikan UPPS, pentingnya Standar Operasional Prosedur di UPPS pada setiap proses pelayanan akademik, dan penyelenggara UPPS meningkatkan kemampuan mengenai hal-hal terkait penjadwalan.Kata Kunci: Pelayanan prima, Tingkat kepuasan, Universitas Paramadina

Downloads

Published

2023-07-21

How to Cite

Lina Anggraeni, & Kurniawaty Yusuf. (2023). HUBUNGAN ANTARA PELAYANAN PRIMA UNIT PENGELOLA PROGRAM STUDI (UPPS) DAN KEPUASAN DOSEN DI KAMPUS CIPAYUNG UNIVERSITAS PARAMADINA. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 4(1), 491-513. https://doi.org/10.51353/kvg.v4i1.793