Komodifikasi dalam Game (Studi Kasus Pubg Corp dalam mengadakan UC bagi pemain)

Authors

  • Muhammad Soleh Hafiedhudin
  • Dinalita Stadiyani
  • Eka Wenats Wuryanta

DOI:

https://doi.org/10.51353/kvg.v4i1.794

Abstract

Pesatnya perkembangan Tekhnologi dan arus informasi membuat segala kebutuhan manusia ikut terpengaruhi oleh perkembangan. Dalam mengekspresikan hobi masyarakat melakukan berbagai cara untuk menyalurkannya, baik yang bersifat positif maupun negatif, tidak jarang dalam mengekspresikannya banyak orang melihat sesuatu yang sedang banyak digemari maupun sedang Viral dalam media sosial tersebut. Salah satu mengekspresikan dalam menyalurkan hobi ialah dengan bermain Game. Tujuan penelitian membedah sebuah fenomena yang terdapat didalamnya sebuah Komodifikasi yang dilakukan oleh Perusahaan PUBG dalam menggenalisir para Pemain Game tersebut sehingga terjadinya sebuah kegiatan ekonomi. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Kualitatif dengan Analisis Deskriptif dan pendekatan Studi Kasus (Case Study). Teknik penumpulan data yang dilakukan penulis antara lain melakukan observasi serta wawancara mendalam terhadap 10 orang koresponden. Hasil penelitian adalah bahwa para pengunduh dan pemain gim tersebut awal memainkannya karena sesuatu yang terjadi dengan lingkungannya yang banyak memainkan gim tersebut, sehingga membuat penasaran dan memainkan game tersebut, selain itu dengan ramainya dimedia sosial yang membahas gim tersebut. Melihat dari pembedahan kasus tersebut ditemukan bahwa pola yang dimainkan oleh PUBG Corp dalam meng Komodifikasi gim tersebut sangat nampak jelas melihat cara mengelola gim tersebut dalam menjual sesuatu hal yang menjadi daya tukar tersebut, selain keuntungan yang diperoleh dari setiap pengunduh dan pemainnya yang cukup besar, ditambah lagi dengan melakukan kegiatan ekonomi dalam gim tersebut sehingga mendapat keuntungan berlipat. Pada kasus ini pihak PUBG Corp berhasil melakukan komodifikasi terhadap sebuah gim yang ahirnya mempunyai nilai tukar dipasar dan menciptakan sebuah fenomena Ekonomi Politik Komunikasi. Kata Kunci: Komodifikasi, Game, Pemain

Downloads

Published

2023-07-21

How to Cite

Muhammad Soleh Hafiedhudin, Dinalita Stadiyani, & Eka Wenats Wuryanta. (2023). Komodifikasi dalam Game (Studi Kasus Pubg Corp dalam mengadakan UC bagi pemain). Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 4(1), 514-525. https://doi.org/10.51353/kvg.v4i1.794