REPUBLIKA ONLINE: OPTIMALISASI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA KHALAYAK
DOI:
https://doi.org/10.51353/kvg.v4i2.878Abstract
Media massa saat ini banyak berkonvergensi menjadi media online, begitu juga Republika Online yang memiliki ciri khas membagikan informasi ramah muslim bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Sebagai media online Republika Online memiliki lima fungsi, yaitu memberikan informasi, mendidik, menghibur, mempengaruhi, memberikan respons sosial, dan juga sebagai penghubung terhadap masyarakat. Berdasarkan hal tersebut membuat Republika Online memiliki tanggung jawab terhadap rendahnya waktu membaca yang dimiliki masyarakat Indonesia serta menurunnya jumlah pembaca yang dimiliki Republika Online pada 2022. Padahal membaca merupakan kegiatan yang penting dilakukan guna meningkatkan mutu yang masyarakat miliki. Untuk menimbulkan keinginan tersebut Republika Online sebagai komunikator perlu melakukan komunikasi dengan masyarakat melalui strategi komunikasi yang dimiliki. Teori yang digunakan untuk menggali strategi komunikasi Republika Online adalah melalui kegiatan perencanaan, tindakan secara spesifik, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang Republika Online lakukan untuk menarik minat baca khalayak. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, serta keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasih sumber (data). Hasil penelitian ini menunjukkan Republika Online menjalankan strategi komunikasi dengan melakukan planning dan learning. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Minat Baca, Republika OnlineDownloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak kepada jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution CC BY yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karyanya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awal di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang dipublikasikan.


