REPUBLIKA ONLINE: OPTIMALISASI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA KHALAYAK

Authors

  • Hanna Kalyca Khoeroh
  • Kencana Ariestyani

DOI:

https://doi.org/10.51353/kvg.v4i2.878

Abstract

Media massa saat ini banyak berkonvergensi menjadi media online, begitu juga Republika Online yang memiliki ciri khas membagikan informasi ramah muslim bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Sebagai media online Republika Online memiliki lima fungsi, yaitu memberikan informasi, mendidik, menghibur, mempengaruhi, memberikan respons sosial, dan juga sebagai penghubung terhadap masyarakat. Berdasarkan hal tersebut membuat Republika Online memiliki tanggung jawab terhadap rendahnya waktu membaca yang dimiliki masyarakat Indonesia serta menurunnya jumlah pembaca yang dimiliki Republika Online pada 2022. Padahal membaca merupakan kegiatan yang penting dilakukan guna meningkatkan mutu yang masyarakat miliki. Untuk menimbulkan keinginan tersebut Republika Online sebagai komunikator perlu melakukan komunikasi dengan masyarakat melalui strategi komunikasi yang dimiliki. Teori yang digunakan untuk menggali strategi komunikasi Republika Online adalah melalui kegiatan perencanaan, tindakan secara spesifik, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang Republika Online lakukan untuk menarik minat baca khalayak. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, serta keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasih sumber (data). Hasil penelitian ini menunjukkan Republika Online menjalankan strategi komunikasi dengan melakukan planning dan learning. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Minat Baca, Republika Online

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Khoeroh, H. K. ., & Ariestyani, K. (2024). REPUBLIKA ONLINE: OPTIMALISASI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA KHALAYAK . Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 4(2), 637-655. https://doi.org/10.51353/kvg.v4i2.878