ANALISIS GATEKEEPING DALAM PRODUKSI BERITA PADA MEDIA THE ICONOMICS
DOI:
https://doi.org/10.51353/kvg.v5i1.963Abstract
Pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk menganalisis gatekeeping dalam produksi berita pada media The Iconomics. Dalam penelitian ini menggunakan teori gatekeeping menurut Shoemaker dan Vos. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis in-depth interview atau wawancara mendalam serta observasi. Gatekeeping merupakan sebuah proses penyaringan informasi yang biasa terjadi pada sebuah media massa. The Iconomics sebagai sebuah media online tentunya menerapkan proses gatekeeping dalam produksi beritanya. Aspek-aspek yang mempengaruhi proses gatekeeping yaitu level individual, level rutinitas media, level organisasi, level ekstramedia, dan level sistem sosial. Media The Iconomics telah menjalankan proses gatekeeping dalam tahapan produksi berita. Tiap individu dalam divisi redaktur melakukan penyaringan informasi sesuai dengan porsi jobdesk-nya masing-masing sebelum berita tersebut disebarluaskan melalui website The Iconomics.Downloads
Published
2024-06-30
How to Cite
Krisnawan, F. A. ., & Budiman Annas, F. (2024). ANALISIS GATEKEEPING DALAM PRODUKSI BERITA PADA MEDIA THE ICONOMICS. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(1), 74–89. https://doi.org/10.51353/kvg.v5i1.963
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Firman Anggara Krisnawan, Faris Budiman Annas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.