STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. INDONESIA MEDIA KOMUNIKASI MASYARAKAT UNTUK MEMBANGUN KAMPUNG DIGITAL

(Studi Kasus di Kelurahan Gendongan Kota Salatiga)

Authors

  • Diva Danita Maharani Program Studi S1 Public relations, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Zon Vanel Program Studi S1 Public relations, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.51353/kvg.v5i2.997

Abstract

Teknologi memainkan peran yang sangat penting dalam memperluas jangkauan pasar bagi pelaku UMKM dan meningkatkan daya saing mereka di tengah ekonomi digital. Untuk mendukung hal ini, Pemerintah Kota Salatiga bekerja sama dengan INDOMEDIA menginisiasi program Kampung Digital sebagai bagian dari Program SUPER TANGGUH. Program ini hadir untuk membuka akses teknologi digital bagi UMKM, yang diharapkan dapat mendorong kesejahteraan serta memperkuat perekonomian lokal melalui digitalisasi. Penelitian ini berfokus pada menganalisis strategi Public relations dalam membangun Kampung Digital. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data yang melibatkan proses reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi empat tahap Public relations yang terdiri dari fact finding, planning and programming, taking action and communicating, dan evaluating the problem berhasil menciptakan sinergi antara pemerintah, INDOMEDIA, dan masyarakat untuk menyukseskan program Kampung Digital. Program Kampung Digital ini efektif dalam mendorong inklusi digital, mendukung UMKM, dan menciptakan ekosistem digital yang berkelanjutan di wilayah tersebut. Selain itu, program ini berdampak langsung pada peningkatan pendapatan UMKM lokal yang kini memiliki akses lebih luas untuk memasarkan produk melalui platform digital, meningkatkan keterampilan digitalisasi, serta memperluas jangkauan pasar mereka.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Maharani, D. D., & Vanel, Z. (2024). STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. INDONESIA MEDIA KOMUNIKASI MASYARAKAT UNTUK MEMBANGUN KAMPUNG DIGITAL : (Studi Kasus di Kelurahan Gendongan Kota Salatiga). Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(2), 125–154. https://doi.org/10.51353/kvg.v5i2.997

Issue

Section

Articles