Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK <p><strong>Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi</strong> adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh <strong>Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina</strong>. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi memilik <strong>e-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1465878439" target="_blank" rel="noopener">2528-0546</a></strong> dan <strong>p-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1336626729" target="_blank" rel="noopener">2086-342X</a></strong>. Hasil-hasil penelitian yang disajikan dalam Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi ini hanyalah sebagian kecil dari kekayaan intelektual, namun kami berharap dapat memberikan inspirasi untuk pengembangan kajian-kajian komunikasi selanjutnya. Dukungan dan kontribusi nyata pembaca sekalian sangatlah kami harapkan untuk terbitan Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi selanjutnya.</p> <p><strong>Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi</strong> terbit dalam setahun dua kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Pengiriman artikel dapat dilakukan melalui daring dengan melakukan registrasi terlebih dahulu pada website ini. <strong>Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi</strong> menerima artikel pada bidang kajian komunikasi</p> en-US [email protected] (Jurnal Konvergensi) [email protected] (Otto Fajarianto) Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 KONVERGENSI MEDIA: STRATEGI INSERT MENJADI MEDIA ONLINE INSERTLIVE.COM https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/874 <p>Dengan berkembangnya teknologi komunikasi, proses penggabungan media massa tradisional dan teknologi media baru telah memunculkan fenomena “konvergensi media”, dimana terdapat berbagai media, dan membawa tren baru dalam industri media. Dengan kemajuan teknologi tersebut, Insert menerapkan strategi konvergensi media dengan menggabungkan Insert sebagai media konvensional dengan teknologi Internet, sehingga melahirkan Insertlive.com sebagai media <em>online</em>. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi konvergensi media Insert menjadi media <em>online</em> Insertlive.com melalui lima tahap proses konvergensi kontinum: <em>cross promotion, cloning, coopetition, content sharing dan full convergence. </em>Metode penelitian menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, wawancara dan observasi. Temuan ini menjelaskan bahwa Insert menerapkan lima tahap konvergensi kontinum, yaitu tahap <em>cross prmotion</em>, dimana masing-masing media saling mempromosikan di setiap platform media, tahap <em>cloning</em> dimana Insert dan Insertlive.com melakukan peng-cloningan pada masing-masing konten. Pada tahap <em>coopetition</em>, masing-masing media menerapkan sistem kolaborasi untuk saling bekerja sama. Sementara itu, pada tahap <em>content sharing</em>, Insert dan Insertlive akan memiliki sumber konten yang sama&nbsp; dari tim lapangan atau reporter Insert, dan pada tahap <em>full convergence</em>,&nbsp; Insert telah melakukan tahap <em>full convergence</em> dengan Insertlive.com mulai dari iklan, konten, produksi dan pendistribusian. Strategi konvergensi media Insert pada Insertlive.com ini dilakukan agar masing-masing media dapat saling bersinergi melalui kolaborasi dan kerja sama untuk mengembangkan salah satu bisnisnya di era digital<strong>.</strong></p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Perkembangan teknologi, strategi konvergensi, konvergensi media.</p> Givi Hilmi Sugiagi Copyright (c) 2024 Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/874 Tue, 09 Jan 2024 00:00:00 +0000 KOMUNIKASI MEDIATOR WANITA DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK PERKAWINAN AKIBAT INTERVENSI PIHAK KETIGA https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/875 <p>Angka perceraian terus meningkat setiap tahunnya di Indonesia. Keprihatinan pada situasi ini dilakukan dengan melakukan langkah upaya mengurangi jumlah perceraian melalui proses mediasi.&nbsp; Proses Mediasi dilaksanakan sebelum Proses Persidangan hal ini diharapkan bahwa para pihak dapat memikirkan Kembali keputusan mereka untuk berpisah dengan pasangannya, dan pengadilan mengambil Langkah untuk menggandeng para Mediator Non Hakim dalam membantu pelaksanaan mediasi sehingga proses sidang dapat dilaksanakan secara effektif dan diharapkan bahwa dengan mediasi proses sidang tidak dilanjutkan karena konflik dapat diselesaikan, pendekatan komunikasi yang effektif dan secara personal dilakukan untuk mendapatkan kesepakatan dan juga mendorong antara kedua belah pihak yang berkonflik untuk menemukan solusi yang dapat disepakati. sehingga Penelitian tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses mediasi dilakukan oleh para mediator Non Hakim Wanita pada khususnya.&nbsp; Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan menggunakan data bersumber pada hasil wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah para mediator non hakim wanita yang membantu menyelesaikan konflik pernikahan sebelum dilakukan sidang perceraian pada Pengadilan Agama.&nbsp; Hasil penelitian menggambarkan bagaimana peristiwa komunikasi pada proses mediasi, situasi yang berkembang serta trik atau solusi yang digunakan apabila terjadi hambatan.&nbsp; Sumber konflik pernikahan yang diambil peneliti adalah konflik pernikahan karena adanya intervensi pihak ketiga.&nbsp; Pihak ketiga yang dimaksud berasal dari kerabat terdekat baik itu orang tua, saudara kandung dan keluarga disekitar pihak yang berkonflik.&nbsp; Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan para mediator Non Hakim ketika menjalankan tugasnya.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> <em>Mediator non hakim wanita, Mediasi, konflik pernikahan, perceraian</em></p> Sumiwi Dwi Ratnasari Copyright (c) 2024 Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/875 Tue, 09 Jan 2024 00:00:00 +0000 JURNALISME KONSTRUKTIF: PERSEPSI DAN PRAKTIK JURNALIS KOMPAS.ID DAN GATRA.COM https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/876 <p>Munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia telah menyebabkan peningkatan jumlah informasi yang disampaikan oleh media massa. Sebaliknya, daripada melaporkan peristiwa yang positif dan memberdayakan, media massa malah seringkali mengemas berita yang memicu kepanikan sosial di tengah masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali perspektif jurnalis terhadap konsep jurnalisme konstruktif, dengan fokus pada wawancara dengan jurnalis dari Gatra.com dan Kompas.id. Selain itu, penelitian ini juga berusaha menganalisis teks berita yang diterbitkan di kedua platform tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi deskriptif dengan memanfaatkan teori jurnalisme konstruktif. Data yang dikumpulkan melibatkan wawancara dengan jurnalis dan observasi terhadap teks berita di Gatra.com dan Kompas.id. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada enam elemen teori jurnalisme konstruktif, yaitu solusi, orientasi masa depan, depolarisasi, wawancara konstruktif, penggunaan data (Rosling), dan pemberdayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, jurnalis Gatra.com dan Kompas.id memiliki pemahaman yang baik terkait konsep jurnalisme konstruktif. Meskipun demikian, tidak semua berita dapat dihasilkan secara komprehensif karena terdapat kendala-kendala dalam proses kerja jurnalistik. Oleh karena itu, kesimpulan penelitian menekankan perlunya kerjasama dan dukungan dari pihak redaksi agar kendala-kendala dalam praktik jurnalistik dapat diatasi, memungkinkan jurnalis untuk menghasilkan berita yang lebih komprehensif, mendidik, dan memberdayakan.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>constructive journalism</em>, berita Covid-19, jurnalisme konstruktif, kecemasan, pandemi Covid-19.</p> Anastasya Rahmaniar Copyright (c) 2024 Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/876 Tue, 09 Jan 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS SEMIOTIKA FEMINISME EKSISTENSIALIS TOKOH “JUDY” DALAM FILM ANIMASI ZOOTOPIA BAGI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/877 <p><em>This study is entitled "Semiotic Analysis of Existentialist Feminism as the Character "Judy" in the Zootopia Animation Film for Students of the Faculty of Social and Political Sciences, Swadaya University Gunung Jati". The animated film Zootopia produced by Clark Spencer is an animated adventure-comedy genre film produced by Disney in 2016. The film Zootopia tells the story of a rabbit named Judy Hopps who lives in the town of Bunnyburrow. Judy has a dream to go to Zootopia, a city where all animals can coexist harmoniously and Judy has a dream to become a rabbit policeman for the first time in that city. So in this case, the researcher formulates the problem, namely how the meaning of denotation, connotation and myth of existentialist feminism character "Judy" in the animated film Zootopia. The purpose of this study is to find out the meaning of the scenes in the animated film Zootopia by looking at the denotative meanings, connotative meanings and myths related to Simone de Beauvoir's existentialist feminism values ​​in the character Judy. The research method used in this study is a qualitative method with Roland Barthes's semiotic analysis. Based on the results of research conducted by the author, it can be concluded that the meaning of denotation in each scene already describes the value of existentialist feminism in the character Judy. Focusing on each scene that depicts Judy's expressions and conversations in determining the path of life she aspires to. Then the connotative meaning, in every scene in the film is related to the value of existentialist feminism, namely how the hidden meaning contained in each scene is like how Judy as an existentialist feminist shows and fights for her existential freedom. Meanwhile, the meaning of the myth that the author finds in every scene in the film is related to the value of existentialist feminism, namely things that are believed by film audiences, for example, as a woman, you must know the purpose of life as well as struggle and maintain your ideals. Through the myth built by the character Judy in the animated film Zootopia, there is a myth that spreads with the term 'Assembling upstream, swimming to the shore' in other words, if you want to be successful, you have to be brave enough to work hard first.</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Existentialist, Feminism, Zootopia, Film.</em></p> Nia Kurniasih, Iskandar Zulkarnaen, Farida Nurfalah Copyright (c) 2024 Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/877 Tue, 09 Jan 2024 00:00:00 +0000 REPUBLIKA ONLINE: OPTIMALISASI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA KHALAYAK https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/878 <p>Media massa saat ini banyak berkonvergensi menjadi media online, begitu juga Republika Online yang memiliki ciri khas membagikan informasi ramah muslim bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Sebagai media online Republika Online memiliki lima fungsi, yaitu memberikan informasi, mendidik, menghibur, mempengaruhi, memberikan respons sosial, dan juga sebagai penghubung terhadap masyarakat. Berdasarkan hal tersebut membuat Republika Online memiliki tanggung jawab terhadap rendahnya waktu membaca yang dimiliki masyarakat Indonesia serta menurunnya jumlah pembaca yang dimiliki Republika Online pada 2022. Padahal membaca merupakan kegiatan yang penting dilakukan guna meningkatkan mutu yang masyarakat miliki. Untuk menimbulkan keinginan tersebut Republika Online sebagai komunikator perlu melakukan komunikasi dengan masyarakat melalui strategi komunikasi yang dimiliki. Teori yang digunakan untuk menggali strategi komunikasi Republika Online adalah melalui kegiatan perencanaan, tindakan secara spesifik, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang Republika Online lakukan untuk menarik minat baca khalayak. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, serta keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasih sumber (data). Hasil penelitian ini menunjukkan Republika Online menjalankan strategi komunikasi dengan melakukan planning dan learning.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>Strategi Komunikasi, Minat Baca, Republika Online</em></p> Hanna Kalyca Khoeroh, Kencana Ariestyani Copyright (c) 2024 Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/878 Tue, 09 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN EKSTERNAL EMPLOYER BRANDING MELALUI LINKEDIN GUNA MENGGAET TALENT PADA PT FLIPTECH LENTERA INSPIRASI PERTIWI https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/879 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi <em>employer branding </em>perusahaan PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi (Flip) dalam upaya meningkatkan daya tarik terhadap talenta-talenta berkualitas yang menjadi target perusahaan melalui berbagai media. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini secara komprehensif menguraikan perjalanan yang telah ditempuh oleh Flip dalam merancang dan menjalankan strategi branding perusahaan. MSDM Flip telah memberikan perhatian khusus pada faktor kesesuaian budaya perusahaan (culture fit), serta melakukan penelitian mendalam terhadap calon talenta potensial. Konsep Employee Value Proposition (EVP) menjadi landasan dalam menggambarkan nilai-nilai inti perusahaan, seperti <em>fairness, customer love, integrity, introspective, dan ownership. </em>EVP digunakan untuk menarik individu yang sejalan dengan nilai-nilai ini melalui pesan komunikasi yang konsisten. Penggunaan LinkedIn sebagai media komunikasi memiliki peran vital dalam membentuk persepsi Flip sebagai tempat kerja menarik dan membangun hubungan awal dengan calon talenta. Pendekatan yang berkelanjutan menjadi pilar utama dalam pendekatan Flip, yang tercermin dalam evaluasi berkala serta penyempurnaan konsep EVP. Kesuksesan yang telah dicapai oleh Flip dalam menerapkan pendekatan terintegrasi ini mencerminkan komitmen perusahaan terhadap trend media dan konsistensi dalam strategi <em>employer branding </em>yang dimiliki. Penelitian ini berfokus pada analisis implementasi strategi employer branding oleh Flip, untuk membangun citra menarik di pasar tenaga kerja fintech melalui media sosial.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Eksternal <em>Employer Branding</em>, PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi (Flip), Linkedin</p> Gama Winefa Wijendra, Clara Novita Anggraini, Yucha Febria Kusumaningrum Copyright (c) 2024 Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/879 Tue, 09 Jan 2024 00:00:00 +0000 EFEKTIVITAS ISI PESAN INSTAGRAM PHILLIP SEKURITAS INDONESIA TERHADAP TINGKAT LITERASI KEUANGAN https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/880 <p>Media sosial Instagram sendiri menyajikan berbagai jenis konten mulai dari trik, parodi <em>dance</em>, konten edukasi, hingga sebagai literasi keuangan. Instagram pun digunakan untuk memberikan edukasi tambahan dan sebagai platform belajar di masa kini. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas isi pesan Instagram Phillip Sekuritas Indonesia terhadap tingkat literasi keuangan.&nbsp; Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dan untuk memperoleh data menggunakan penyebaran kuesioner kepada followers instagram @talktophillip Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan IBM SPSS Ver 25 untuk menguji <em>pearson correlation</em>. terdapat hubungan yang positif dan kuat antara variabel X (Isi Pesan) dengan variabel Y (Literasi Keuangan) yaitu dengan hasil korelasi sebesar 0,799. Hasil regresi linear sederhana menyatakan bahwa variabel efektivitas isi pesan Instagram memiliki pengaruh yang signifikan dalam tingkat literasi keuangan.sebesar 63,8%. Isi pesan mempunyai hubungan positif terhadap tingkat literasi keuangan dengan tingkat korelasi cukup, dan hasil penelitian ini menunjukan hasil kontribusi antara kedua variabel yaitu 63,8%. Adapun sisanya 31,7% dapat dipengaruhi berdasarkan faktor lainnya diluar yang diteliti pada penelitian ini.</p> <p><strong>Kata Kunci<em>: </em></strong><em>Isi Pesan, Literasi Keuangan, Instagram, Phillip Sekuritas Indonesia</em></p> Abdul Razak, Faris Budiman Annas Copyright (c) 2024 Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/880 Tue, 09 Jan 2024 00:00:00 +0000