HUBUNGAN POLA ASUH PERMISSIVE NEGLIGENT(PENGABAIAN) IBU TERHADAP KECENDERUNGAN KENAKALAN REMAJA DI SMAN X.

Authors

  • Desty Dwi Kayanti Paramadina University
  • Leonita Noviandri Universitas Paramadina
  • Nurfirmanilah Yustitiya Universitas Paramadina
  • Devi Wulandari Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v11i2.455

Keywords:

Pola Asuh Permissive Negligent, Ibu, kenakalan, remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh permissive negligent(pengabaian) ibu terhadap kecenderungan kenakalan remaja di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis korelasi. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling. Sampel terdiri dari 128 siswa yang berada di SMAN X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah style of parenting questionnaire dan kuisoner kenakalan remaja. Analisis dilakukan menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian menggunakan uji statistik Pearson product moment menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pola asuh permissive negligent ibu terhadap kecenderungan kenakalan remaja (r = 0.348, P = 0.01) yang berarti, yaitu semakin tinggi pola asuh permissive negligent ibu maka semakin tinggi kecenderungan kenakalan remaja.

References

Ahmadi, Abu. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Ana Stevi Udampo, Franly Onibala, Yolanda B. Bataha. 2017. Hubungan Pola Asuh Permisif Orang Tua Dengan Perilaku Mengkonsumsi Alkohol Pada Anak Usia Remaja Di Desa Bulude Selatan Kabupaten Talaud.e-journal Keperawatan (e-Kp) Volume 5 Nomor 1, Februari 2017.

Angga Kurniawan (2018). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas V.Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 14 Tahun ke-7.

Angga Triyatama, Lilik Ma’rfatul Azizah, Hery Triwibowo. (2016). Gambaran Kenakalan Remaja di Smk Nasional Dawarblandong Mojokerto.

Arif , Muhammad I. S . (2016). Hubungan Pola Asuh Persmisif dengan Kenakalan Remaja. E-Journal UNESA. 0-216.

Basembun, Ignatius. (2008). Gaya Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia

Baumrind, Diana. (1966). Effectsx of Authoritative Parental Kontrol on Child Behavior. Child DevelopmentJournal, 37(4), 887–907.

Cynthia Florencia, Agoes Dariyo, Debora Basaria. 2017. Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau Berdasarkan Pola Asuh Orangtua. ISSN:1979-3707. E- ISSN: 2581-0871

Gade, Fithriani . (2012). Ibu Sebagai Madrasah Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Didaktika. XIII,1.

Gunarsa, Singgih D. (2004). Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT. Gunung Mulia.

Gunarsah, S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock, E.B. (1997). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Junaidi. (2015). Memahami Skala Pengukuran. Jambi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Kartono, Kartini 2003. Patologi Sosial 2. Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.

Kowsalya, D. N., Lakshmi, H. V. & Suresh, K. P. (2012). Development and Validation of a Scale to assess Emotional Maturity in Mild Intellectually Disabled Children.

Ni Luh Putu Yuni Sanjiwani dan I Gusti Ayu Putu Wulan Budisetyani. (2014). Pola Asuh Permisif Ibu dan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-Laki di Sma Negeri 1 Semarapura. 1(2), 344-352.

Pratama, Aditya. (2018). KPAI Catat 161 Kasus Kekerasan Anak di Bidang Pendidikan Selama 2018, Dalam https://www.inews.id/news/nasional/kpai-catat-161-kasus-kekerasan-anak-di-bidang-pendidikan-selama-2018. Pada tanggal 5 Mei 2020

Santrock, J.W. (2003). Adolescence 6th Ed. Jakarta: Erlangga

Sarwono, S.W. (2008). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Savitri Suryandari. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. 4(2598-408X, P-ISSN: 2541-0202).

Sekaran, Uma. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Shoemaker, J Donald. (2013). Juvenille Deliquency. Lanham Maryland: Rowman & Littlefield.

Sri Sayekti Heni Sunaryanti. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kenakalan Remaja Di Sma Negeri 8 Surakarta. IJMS – Indonesian Journal On Medical Science. 3, 2.

Sumiati. (2009). Kesehatan Jiwa Remaja dan Konseling. Jakarta: Trans Info Media

Sunarwiyati. (1985). Pengukuran Sikap Masyarakat Terhadap Kenakalan Remaja. Jakarta

Tanaya Puspa Anggraeni, Rohmatun. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh

Permisif dengan Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency) Kelas XI di SMA 1 Mejobo Kudus.1(E-ISSN: 2715-002X)

Titis Pravitasari. (2012).Pengaruh Persepsi Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perilaku Membolos.ISSN 2252-634X

Unayah, N. & Sabarisman, M. (2015). Fenomena Kenakalan Remaja dan Kriminalitas. Sosio Informa. 1, 02.

Widyanuratikah, Inas. (2019). KPAI Terima Pengaduan 4.885 Kasus Anak Selama 2018, Dalam https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/19/01/08/pl0dj1428-kpai-terima-pengaduan-4885-kasus-anak-selama-2018. Pada tanggal 5 Mei.

Willis, Sofyan S. (2010). Remaja & Masalahnya. Bandung: Alfabeta.

Utami, N C A dan Raharjo, T S. (2019). Pola Asuh Orang Tua dan Remaja. Jurnal Pekerjaan Sosial. 1, 1.

Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Musawa. 7(2), 265-282.

Downloads

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articles