STUDI PERBANDINGAN STUDI PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP ANTARA REMAJA TUNANETRA DAN REMAJA AWAS DI KOTA BANDUNG DAN CIMAHI

STUDI PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP ANTARA REMAJA TUNANETRA DAN REMAJA AWAS DI KOTA BANDUNG DAN KOTA CIMAHI

Authors

  • Novi - Samiasih Universitas Padjadjaran
  • Marisa Fransiska Moeliono
  • Fredrick Dermawan Purba

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v12i02.503

Keywords:

kualitas hidup, remaja, tunanetra, awas atau normal

Abstract

Kualitas hidup merupakan penilaian seseorang tentang hidupnya serta menikmati segala peristiwa selama hidupnya. Remaja perlu memiliki kualitas hidup yang baik untuk menikmati kehidupan yang dirasakan dan merasakan peluang untuk perubahan atau peningkatan diri, begitupun dengan remaja tunanetra walaupun memiliki keterbatasan fisik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah perbedaan kualitas hidup antara remaja tunanetra dengan remaja awas. Data dikumpulkan dari 155 remaja (n = 155), 50 remaja tunentra dan 105 remaja awas dengan teknik pengambilan purposive sampling. Kualitas hidup dinilai dengan kuesioner Pediatric Quality Of Life pada Inventory (PedsQL) Generic Score versi 4.0. yang mencakup empat domain kualitas hidup yaitu domain fisis yang terkait dengan kesehatan, domain psikologis yang terkait dengan emosional, domain sosial, dan domain fungsi lingkungan sekolah. Hasil dari uji t-test menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan rerata skor total kualitas hidup remaja tunanetra dengan remaja awas (t: -2,317; P-value: 0,022, df: 153). Terdapat perbedaan pada domain fisik yang mana remaja awas memiliki skor lebih tinggi dibandingkan dengan remaja tunanetra hal ini dikarenakan adanya keterbatasan fisik yang dimiliki oleh remaja tunanetra menghambat untuk melakukan aktivitas dengan ruang gerak yang luas dibandingkan dengan remaja awas. Sedangkan pada domain sosial juga terdapat perbedaan yang signifikan pada remaja tunanetra melaporkan lebih banyak mengalami kesulitan dalam berinteraksi di lingkungan sosial terutama saat berinteraksi dengan remaja awas. Hasil penelitian ini sangat berguna untuk mengidentifikasi bagaimana cara optimal dalam megembangkan aspek-aspek perkembangan remaja khususnya siswa tunanetra sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang baik

Author Biography

Novi - Samiasih, Universitas Padjadjaran

program magister psikologi terakreditasi dengan peringkat B

References

Best, A. (1993). Access to the curriculum for children with visual impairments. In Fielder, A. Best, & M. Bax (Eds.), The management of visual impairment in childhood (pp. 157–162). Mac Keith Press.

Friend, M. (2013). Special education: Contemporary perspectives for school professionals. Pearson Higher Ed.

Gaspar, T., & Matos, M. G. (2008). Qualidade de vida em crianças e adolescentes: Versão portuguesa dos instrumentos KIDSCREEN-52. Cruz Quebrada: Aventura Social e Saúde.

Hadi, P. (2005). Kemandirian Tunanetra. Depdiknas Dirjen Dikti.

Hebert, R., Brayne, C., & Spiegelhalter, D. (1997). Incidence of functional decline and improvement in a community-dwelling, very elderly population. American Journal of Epidemiology, 145(10), 935–944.

Holbrook, E. A., Caputo, J. L., Perry, T. L., Fuller, D. K., & Morgan, D. W. (2009). Physical activity, body composition, and perceived quality of life of adults with visual impairments. Journal of Visual Impairment & Blindness, 103(1), 17–29.

Hurlock, E. B. (2010). Psikologi Perkembangan Jilid 2 edisi 6. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kordestani, F., Daneshfar, A., & Roustaee, D. (2014). Comparison of quality of life and social skills between students with visual problems (blind and partially blind) and normal students. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 3(4), 384–391.

Langelaan, M., De Boer, M. R., Van Nispen, R. M. A., Wouters, B., Moll, A. C., & Van Rens, G. H. M. B. (2007). Impact of visual impairment on quality of life: a comparison with quality of life in the general population and with other chronic conditions. Ophthalmic Epidemiology, 14(3), 119–126.

Leveille, S. G., Penninx, B. W., Melzer, D., Izmirlian, G., & Guralnik, J. M. (2000). Sex differences in the prevalence of mobility disability in old age: the dynamics of incidence, recovery, and mortality. Journals of Gerontology Series B, 55(1), S41–S50.

Lilienfeld, S. O., Woolf, N. J., Namy, L. L., & Lynn, S. J. (2010). Psychology: A framework for everyday thinking. Pearson College Division.

Lowenfeld, B. (1973). The visually handicapped child in school. John Day Company, Incorporated.

Murtagh, K. N., & Hubert, H. B. (2004). Gender differences in physical disability among an elderly cohort. American Journal of Public Health, 94(8), 1406–1411.

Ongtangco, K. S., Aguila, E. C., Morales, G. M. V, Alfredo, R., Amores, S., Diaz, K. G. M., Lim, J. R. U., DJ, M. V., & Vega, D. (2018). Quality of Life of Visually Impaired Adolescents in Metro Manila. Journal of Social Health Volume, 1(1).

Perempuan, K. P. (2013). Panduan penanganan anak berkebutuhan khusus bagi pendamping (orang tua, keluarga, dan masyarakat). Kementrian Perlindungan Anak Dan Perempuan: Jakarta.

Rathouz, P. J., Kasper, J. D., Zeger, S. L., Ferrucci, L., Bandeen-Roche, K., Miglioretti, D. L., & Fried, L. P. (1998). Short-term consistency in self-reported physical functioning among elderly women: the Women’s Health and Aging Study. American Journal of Epidemiology, 147(8), 764–773.

Skevington, S. M., Lotfy, M., & O’Connell, K. A. (2004). The World Health Organization’s WHOQOL-BREF quality of life assessment: psychometric properties and results of the international field trial. A report from the WHOQOL group. Quality of Life Research, 13(2), 299–310.

Souza, M. (2007). Educação Física adaptada para pessoas portadoras de necessidades visuais especiais. Lecturas: Educación Física y Deportes-Revista Digital. Buenos Aires, 12(111).

Varni, J. W., Burwinkle, T. M., & Seid, M. (2005). The PedsQLTM as a pediatric patient-reported outcome: Reliability and validity of the PedsQLTM Measurement Model in 25,000 children. Expert Review of Pharmacoeconomics & Outcomes Research, 5(6), 705–719.

Varni, J. W., & Limbers, C. A. (2009). The pediatric quality of life inventory: measuring pediatric health-related quality of life from the perspective of children and their parents. Pediatric Clinics of North America, 56(4), 843–863.

Vuletić, G., Šarlija, T., & Benjak, T. (2016). Quality of life in blind and partially sighted people. Journal of Applied Health Sciences= Časopis Za Primijenjene Zdravstvene Znanosti, 2(2), 101–112.

Wong, H. B., Machin, D., Wong, T.Y., & SAW, S. . (2009). Visual Impairment and Its Impact on Health-related Quality of Life in Adolescents. Am J Ophthalmol 2009;147:, 505–511.

Downloads

Published

2022-07-22

Issue

Section

Articles