HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PROBLEM FOCUSED COPING PADA MAHASISWA BERORGANISASI DI UNIVERSITAS PARAMADINA

Authors

  • Tiara Putri Pertiwi Universitas Paramadina
  • Maida Riyani
  • Zahra Atha Assyifa
  • Devi Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v14i02.592

Keywords:

Kecerdasan Emosional; Problem Focused Coping; Organisasi

Abstract

Banyaknya tuntutan yang harus mahasiswa capai baik yang berasal dari tuntutan akademik dan non akademik (organisasi) akan menunjukan respon yang berbeda dalam diri tiap mahasiswa, maka disinilah peran coping sangat diperlukan. Salah satu bentuk coping yang cukup efektif ialah problem focused coping, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi problem focused coping salah satunya, kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara kecerdasan emosional dengan problem focused coping. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Paramadina yang aktif berorganisasi. Subyek penelitian (N=61) diambil dari populasi dengan teknik non- probability sampling yaitu convenience sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner berupa G-Form melalui group-group. Hipotesis penelitian diuji dengan teknik korelasi Spearman’s Rho. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan problem focused coping (rs=-0,618; p=0,000). Dari analisis lebih lanjut diketahui bahwa kecerdasan emosional memiliki hubungan positif dengan problem focused coping. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan problem focused coping pada mahasiswa berorganisasi di Universitas Paramadina. Dimana semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki maka semakin tinggi penggunaan problem focus coping pada mahasiswa dalam mengatasi stress yang dialaminya

References

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R.T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 5(1), 40-47.

Bakhtiar, M. I., & Asriani, A. (2015). Effectiveness Strategy Of Problem Focused Coping And Emotion Focused Coping In Improving Stress Management Student Of SMA Negeri 1 Barru. Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 5(2), 69-82.

Cahyorinartri, N. (2018). Motivasi Mahasiswa Berorganisasi di Kampus. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 27-38.

Faharuddin, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA GUPPI Buntu Barana Kabupaten Enrekang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Fazmi, N. (2020). Hubungan Antara Problem Focused Coping Dan Kecemasan Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19.

Felix, T., Marpaung, W., & El Akmal, M. (2019). Peranan Kecerdasan Emosional Pada Pemilihan Strategi Coping Pada Mahasiswa yang Bekerja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1),39-56.

Folkman, S., & Lazarus, R. S. (1984). Coping as a mediator of emotion. Journal of personality and social psychology, 54(3), 466.

Harsiwi, E. D., & Kristiana, I. F. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan problem focused coping pada perawat icu di rumah sakit tipe c wilayah semarang dan pati. Jurnal Empati, 6(1), 139-144.

Hurlock, E. B. (1990). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Iqramah, N., Nurhasanah, N., & Bustamam, N. (2018). Strategi Coping (Problem Focused Coping dan Emotion Focused Coping) Dalam Menghadapi Stres Pada Mahasiswa Penyusun Skripsi FKIP Universitas Syiah Kuala. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(4).

Kartika, Chlarasinta & Ruhaena, (2015) Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Stres Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 1-5

Mayasari, Lylia (2007) Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis Organisasi.Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mayasari, M. P., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran komunikasi interpersonal dan problem focused coping terhadap stres mahasiswa Universitas Udayana yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi Udayana, 88-98.

Pradana, I. G. N. A., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran Problem Focused Coping dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Kecemasan Remaja SMA yang Akan Menempuh Ujian Nasional. Psikol Udayana, (2010), 1-11.

Saragih, J. H., & Valentina, T. D. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi pada Mahasiswa Aktivis Organisasi Kemahasiswaan di Lingkungan Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 246-255.

Sari, E., & Dwiarti, R. (2018). Pendekatan hierarki abraham maslow pada prestasi kerja karyawan PT. Madubaru (Pg Madukismo) Yogyakarta. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 6(1), 58-77.

Semaraputri, S. A. K. T., & Rustika, I. M. (2018). Peran problem focused coping dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada remaja akhir yang menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan di fakultas kedokteran universitas udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 35-47.

Setyowati, A. (2010). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi pada siswa penghuni rumah damai (Doctoral dissertation, UNDIP).

Sulistyowati, D. A., Wismanto, Y. B., & Utami, C. T. (2015). Hubungan antara kecerdasan emosional dan optimisme dengan problem focused coping pada mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Telogorejo Semarang. PREDIKSI, 4(1), 11.

Surdiantari, L. N., & Rustika, I. M. (2019). Peran Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Terhadap Problem Focused Coping pada Mahasiswa Preklinik Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 99-110.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Proses Pembelajaran PKn. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 11-29

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 13(2).

Udayana, J. P. (2015). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik pada mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaan di lingkungan Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 246-255.

Valentsia, G. K. D., & Wijono, S. (2020). Optimisme Dengan Problem Focused Coping Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1)

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles