GAMBARAN MAKNA KERJA BAGI GENERASI Z DI JAKARTA

(How Z Gen in Jakarta have their Meaning of their Work?)

Authors

  • Ayu Dwi Nindyati Pancasila University
  • Ayu Ramadhani RPX Group

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v13i01.596

Keywords:

Makna Kerja; Job, Career; Calling; Generasi Z, Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran makna kerja pada generasi Z berdasarkan dimensi job, career dan calling dilihat dari beberapa aspek demografis seperti jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, pendapatan perbulan, masa kerja, jam kerja perhari, jenis pekerjaan, jabatan dan lokasi kerja. Responden dalam penelitian ini ialah generasi Z yang berusia 18-24 tahun dan bekerja di Jakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik covenience sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengadaptasi alat ukur yang dikembangkan oleh Wrzesniewski, McCauley, Rozin dan Schwartz (1997) yang disebut dengan the university of Pennsylvania work-life questionnaire. Penelitin ini juga menggunakan pertanyaan terbuka untuk mengetahui alasan utama generasi Z bekerja, alasan generasi Z bertahan di suatu pekerjaan, dan pekerjaan yang diharapkan oleh generasi Z. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas responden memiliki makna kerja dalam kategori tinggi, baik dilihat dari dimensi job, career dan calling. Dimensi makna kerja yang memiliki mean tertinggi ialah dimensi career (3.68), diikuti oleh dimensi job (3.42) dan dimensi calling (3.40).

References

Andrea, B., Gabriella, H.-C., & Timea, J. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 90-106.

Badan Pusat Statistik. (2019, Januari 23). Penduduk Berumur 15 Tahun Ke Atas Menurut Golongan Umur dan Jenis Kegiatan Selama Seminggu yang Lalu, 2008 - 2018. Dipetik Maret 06, 2019, dari bps.go.id: https://www.bps.go.id/statictable/2016/04/04/1904/penduduk-berumur-15-tahun-ke-atas-menurut-golongan-umur-dan-jenis-kegiatan-selama-seminggu-yang-lalu-2008---2018.html

Badan Pusat Statistik. (2019). Tenaga Kerja. Dipetik Maret 06, 2019, dari bps.go.id: https://www.bps.go.id/subject/6/tenaga-kerja.html

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. (2017, Januari 30). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Provinsi DKI Jakarta. Dipetik Maret 15, 2019, dari Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta: https://jakarta.bps.go.id/statictable/2017/01/30/142/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-provinsi-dki-jakarta-2015.html

Balentine, J. (2017, 01 08). Generation Z and the Role of Career Development Professional in the Workplace. Diambil kembali dari National Career Development Association: https://www.ncda.org/aws/NCDA/pt/sd/news_article/142256/_PARENT/CC_layout_details/false

Bungin, M. B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cristina, M. (2016). Generation Z and Its Perception of Work. Cross-Cultural Management Journal, 47-54.

Dwidienawati, D., & Gandasari, D. (2018). Understanding Indonesia's Generation Z. International Journal of Engineering & Technology, 250-252.

Etikariena, A. (2014). Perbedaan Kelelahan Kerja Berdasarkan Makna Kerja Pada Karyawan. Jurnal Psikogenesis, 169-179.

Fink, A. (2017). How To Cunduct Surveys: A Step-By-Step Guide (Sixth Edition). Los Angeles: SAGE Publications.

Friedman, H. S., & Schustack, M. W. (2008). Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern (Edisi Ketiga Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Friedman, Z. (2019, Maret 13). Gen Z: We Expect To Be Promoted Within 12 Months. Diambil kembali dari Forbes: https://www.forbes.com/sites/zackfriedman/2019/03/13/generation-z-expect-to-be-promoted-career-job/#68c8dfb2bac4

Gaidhani, S., Arora, D. L., & Sharma, B. K. (2019). Understanding The Attitude of Generation Z towards Workplace. International Journal of Management, Technology and Engineering, 2804-2812.

Geldenhuys, M., Laba, K., & Venter, C. M. (2014). Meaningful Work, Work Engagement and Organisational Commitment. Journal of Industrial Psychology, 1-10.

Indrastoeti, J. (2016). Penanaman Nilai-nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Universitas Sebelas Maret, 284-292.

Kirchmayer, Z., & FratriCova, J. (2017). On the Verge of Generation Z: Career Expectations of Current University Student. International Business Information Management Asspciation, 1575-1583.

Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (Revisi ed). Jakarta: Rajawali Pers.

Nindyati, A. D. (2017). Pemaknaan Loyalitas Karyawan pada Generasi X dan Generasi Y. Journal of Psychological Science and Profesion (JPSP), 60-68.

Nursiyono, J. A. (2015). Kompas Teknik: Pengambilan Sampel. Bogor: In Media.

Oktariani, D., Hubeis, A. V., & Sukandar, D. (2016). Kepuasan Kerja Generasi X dan Generasi Y terhadap Komitmen Kerja di Bank Mandiri Palembang. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 12-22.

Puspita, M. D. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Makna Kerja Sebagai Panggilan (Calling) Dengan Keterikatan Kerja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1-17.

Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 123-134.

Rosso, B. D., Dekas, K. H., & Wrzesniewski, A. (2010). On The Meaning of Work: A Theoretical Integration and Review. Research In Organizational Behavior, 91-127.

Schaufeli, W. B., & Bakker, A. B. (2010). Defining and Measuring Work Engagement: Bringing Clarity to The Concept. Career Development International, 10-24.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2010). Research Methods for Business: A Skill Building Approach (Fifth Edition). West Sussex: John Wiley & Sons Ltd.

Singh, A. P., & Dangmei, J. (2016). Understanding The Generation Z: The Future Workforce. South-Asian Journal of Multidisciplinary Studies, 1-5.

Wahyuni, M. (2017). Pengaruh Makna Kerja dan Occupational Self Efficacy terhadap Work Engagement pada Dosen Tetap. Jurnal Psikologi, 39-47.

Wesarat, P.-o., Sharif, M. Y., & Majid, A. H. (2016). A Framework for Assessing Gender Influence on Career Choice of Undergraduare Student in Thailand. Academic Fora (hal. 16-21). Phuket: Academic Fora.

Wrzesniewski, A., McCauley, C., Rozin, P., & Schwartz, B. (1997). Jobs, Careers, and Callings: People's Relations to Their Work. Journal of Research in Personality, 21-33.

Downloads

Published

2022-08-20

Issue

Section

Articles