PERILAKU KEWIRAUSAHAAN PADA ETNIS ACEH ENTREPRENEURSHIP BEHAVIOR OF ACEH ETHNIC

Authors

  • Katrim Alifa Putrikita Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Shafira Maulizar Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nur Fachmi Budi Setyawan Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v13i02.642

Keywords:

Entrepreneurship Behavior, Aceh Ethnic, Aceh Social Culture

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku kewirausahaan pada Etnis Aceh, faktor sosial budaya etnis yang mempengaruhi perilaku kewirausahaan, serta dampak perilaku kewirausahaan pada Etnis Aceh terhadap dunia wirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jumlah responden ditentukan dengan Teknik sampling sebanyak tiga orang pengusaha asal Etnis Aceh yang berada di yogyakarta, diwawancarai secara mendalam dan di observasi perilakunya saat wawancara dan keseharian dalam menjalankan usaha. Hasil Analisis data penelitian menunjukkan bahwa perilaku kewirausahaan etnis Aceh mencakup dalam tiga aspek. (a) Afeksi dimana adanya perasaan cinta pada tanah kelahiran, rasa kekeluargaan, dan rasa keimanan yang erat. (b) Kognitif terkait pengetahuan akan budaya dan nilai keagamaan, bidang usaha yang digeluti, pengalaman usaha yang dimiliki, dan tujuan akan masa depan. (c) Ketrampilan yaitu mencakup kerja keras, inovatif, terbuka dan berterus terang, mandiri, perilaku religius, professional, cekatan, dan tegas. Sosial budaya Etnis Aceh yang membawa pengaruh pada perilaku kewirausahaan masyarakat Etnis Aceh yaitu: (a) Tradisi keluarga, (b) Karakter religius kedaerahan, (c) Nasionalisme Daerah, (d) Tradisi daerah, (e) Budaya daerah, dan (f) Karakter daerah. Perilaku kewirausahaan pada Etnis Aceh menberikan dampak yang positif jika diterapkan dalam dunia wirausaha. Keunikan yang menjadi hasil penelitian adalah unsur nilai syariat yang kental, pengaruh sejarah, nilai serta karakter budaya etnis yang diterapkan dalam dunia usaha oleh pengusaha asal Etnis Aceh.

References

Amruloh, D. A. G. (2019). Kajian Filosofis Karakteristik Wirausaha Urang Sunda. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 119–130. https://doi.org/10.34308/eqien.v6i2.101

Cai, L., Peng, X., & Wang, L. (2018). The characteristics and influencing factors of entrepreneurial behaviour: The case of new state-owned firms in the new energy automobile industry in an emerging economy. Technological Forecasting and Social Change, 135, 112–120. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.04.014

Castillo Holley, A., & Watson, J. (2017). Academic Entrepreneurial Behavior: Birds of more than one feather. Technovation, 64–65, 50–57. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2017.07.001

Christensen, S. (2013). Higher education and entrepreneurial citizenship in Singapore.

Learning and Teaching, 5(3), 39–55. https://doi.org/10.3167/latiss.2012.050303

Decker, R., Haltiwanger, J., Jarmin, R., & Miranda, J. (2014). The Role of Entrepreneurship in US Job Creation and Economic Dynamism. In Journal of Economic Perspectives (Vol. 28, Issue 3, pp. 3–24). American Economic Association. https://doi.org/10.1257/jep.28.3.3

Emily, C. H. C. (2019). Survival by Technopreneurialism: Innovation, Imaginaries and the New Narrative of Nationhood in Singapore. Science, Technology and Society, 24(3), 527–544. https://doi.org/10.1177/0971721819873202

Hayton, J. C., & Cacciotti, G. (2013). Is there an entrepreneurial culture? A review of empirical research. In Entrepreneurship and Regional Development (Vol. 25, Issues 9–10, pp. 708–731). Routledge. https://doi.org/10.1080/08985626.2013.862962

Irwan Abdullah. (2018). Communalism Shattered: Thirty years of conflict experiences in the province of Aceh, Indonesia.

Juliani, R., Cangara, H., & Unde, A. A. (2015). Komunikasi Antarbudaya Etnis Aceh dan Bugis-Makassar Melalui Asimilasi Perkawinan di Kota Makassar. In Jurnal Komunikasi KAREBA (Vol. 4).

Rahim, H., & Mohtar, S. (2015). Social Entrepreneurship: A Different Perspective. International Academic Research Journal of Business and Technology, 1(1), 9–15. www.iarjournal.com

Riyanti, D., Cahyani, A., & Sungkowo, B. (2014). Factors Influencing the Success of Creative Industry Business in Jakarta. http://www.jpio.org/jpio_template.doc

Santoso, E., Restuhadi, F., & Yulida, R. (2015). Analisis Perilaku Wirausaha dan Kinerja Usaha (Studi Pada Usaha Agroindustri di Kota Pekanbaru) Entrepreneurial Behavior and Performance Analysis Effort (Study On Agro-Industries In The City Of Pekanbaru) (Vol. 2).

Surkov, S. A. (2014). Psychological Aspects of Economic Behavior of People. Universal Journal of Management, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.13189/ujm.2014.020106

Sutanto, O., & Nurrachman, N. (2018). Makna Kewirausahaan Pada Etnis Jawa, Minang, dan Thioghoa: Sebuah Studi Representatsi Sosial. Jurnal Psikologi Ulayat, 5(1), 86.

https://doi.org/10.24854/jpu12018-75

Vidyatmoko, D., Yasin, A. H., Pusat, R., Kebijakan, P., Teknologi, I., & Jurnal, B. (2015). Faktor Utama Kesuksesan Wirausaha di Industri Pangan. 14(1).

https://doi.org/10.12695/jmt.2015.14.1.4

Downloads

Published

2023-01-24

Issue

Section

Articles