PENGARUH KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KONSEP DIRI AKADEMIK MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Cut Mellyza Rizka Program Studi Psikologi, Universitas Paramadina
  • Elis Yulia Ningsih Program Studi Psikologi, Universitas Paramadina
  • Saladin Alif Kertopati Universitas Parmadina

Keywords:

Social skill, Academic Self Concept, College Student, Pandemic Covid-19, Keterampilan sosial; Konsep diri akademik; Mahasiswa; Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan sosial terhadap konsep diri akademik mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dengan jumlah 94 orang. Teknik statistik yang digunakan untuk olah data dalam penelitian ini adalah metode regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan serta pengaruh yang signifikan antara keterampilan sosial terhadap konsep diri akademik pada mahasiswa di Jabodetabek di masa Pandemi Covid-19 dengan nilai signifikansi sebesar 0.022 (p <0.05). Keterampilan sosial memiliki kontribusi yang besar terhadap konsep diri akademik sebesar 56% (R Square= 0.56) dan 44% dipengaruhi oleh variabel lain.

References

Blegur, J. (2017). Konsep diri akademik mahasiswa pascasarjana. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 226–233.

Chaturvedi, K., Vishwakarma, D. K., & Singh, N. (2021). COVID-19 and its impact on education, social life and mental health of students: A survey. Children and Youth Services Review, 121, 105866.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Daisiu, C. P. (2021). Gambaran Proses Adaptasi Mahasiswa Selama Menjalani Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 di Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman. Universitas Jenderal Soedirman.

Dhany, H. W., Izhari, F., Fahmi, H., Tulus, M., & Sutarman, M. (2017). Encryption and decryption using password based encryption, MD5, and DES. International Conference on Public Policy, Social Computing and Development 2017 (ICOPOSDev 2017), 278–283.

Gresham, F. M., & Elliott, S. N. (2008). Social skills improvement system (SSIS) rating scales. SSIS Rating Scales.

Hadi, Y. P., & Budiningsih, T. E. (2014). Konsep Diri akademik mahasiswa penerima beasiswa bidik misi jurusan psikologi Universitas Negeri Semarang. Educational Psychology Journal, 3(1).

Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. S. (2020). Gambaran resiliensi akademik mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(2).

Jia, J., Jiang, Q., & Lin, X. H. (2020). Academic anxiety and self-handicapping among medical students during the COVID-19 pandemic: A moderated mediation model.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan.

Liu, W. C., Wang, C. K. J., & Parkins, E. J. (2005). A longitudinal study of students’ academic self‐concept in a streamed setting: The Singapore context. British Journal of Educational Psychology, 75(4), 567–586.

Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). RajaGrafindo Persada.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development: Perkembangan manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Pratiwi, F. D., & Mangunsong, F. M. (2018). Keterampilan sosial sebagai prediktor pembentukan konsep diri akademik pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 79–90.

Santrock, J. W. (2013). Childhood Development. 14th Edition. McGraw-Hill Education.

Sholikhin, S., Luawo, M. I. R., & Djunaedi, D. (2016). Konsep Diri Akademik Peserta Didik Jenjang Menengah Pertama Berdasarkan Jenis Kelamin (Studi Survei di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Kampung Makasar). INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 100–107.

Downloads

Published

2022-08-29

Issue

Section

Articles