MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR: STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PARALEL DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ika Mayasari Program Studi Psikologi Universitas Paramadina
  • Agus Eryanto Program Studi Psikologi, Universitas Paramadina
  • Devi Wulandari Program Studi Psikologi, Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v14i02.694

Keywords:

Self-directed learning, Motivation, Students, Parallel, Working students, Pandemic Covid-19

Abstract

Kebijakan pembatasan sosial berskala besar yang diberlakukan selama masa pandemi Covid-19, menyebabkan institusi perguruan tinggi di Indonesia menyelenggarakan pembelajaran dengan mengintegrasikan sistem daring secara penuh yang membawa perubahan pada proses dan situasi pembelajaran mahasiswanya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran motivasi belajar sebagai prediktor kemandirian belajar mahasiswa paralel dalam lingkungan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain survey ini menggunakan analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis. Responden penelitian adalah 39 mahasiswa kelas paralel Universitas Paramadina program sarjana (10 laki-laki, 29 perempuan), pengumpulan data menggunakan teknik sampling purposif convenience nonprobability. Penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar dengan aspek intrinsik dan ekstrinsik dari Uno (2019) dan skala kemandirian belajar dengan aspek-aspek kemandirian belajar dari Rusman (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berkontribusi sebesar 66,6% terhadap kemandirian belajar dan motivasi belajar sebagai prediktor bernilai positif yang signifikan terhadap kemandirian belajar mahasiswa paralel dalam lingkungan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 (β=0.864, p<0.00). Pada penelitian ini juga ditemukan indikasi perbedaan tingkat kemandirian belajar mahasiswa berdasarkan gender, kelompok usia, dan aspek pembentuk motivasi belajarnya.

References

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(1), 48-65.DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.921.

Alfikalia. (2020). Laporan riset kesehatan mental dan academic adjustment mahasiswa Universitas Paramadina pada masa belajar di rumah. Technical Report. Program Studi Psikologi Universitas Paramadina. http://repository.paramadina.ac.id/id/eprint/62.

Amaral, E. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Ungaran. Artikel. http://repository2.unw.ac.id/43/1/ARTIKEL%20MARCIA.pdf.

Astuti, F. & DS, Triana Noor Edwina. (2017). Resiliensi pada mahasiswa tahun pertama program kelas karyawan ditinjau dari konsep diri. In: Prosiding Seminar Nasional Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi, Hotel Alana Convention Center Surakarta, Sabtu 29 April 2017. Muhammadiyah University Press, 143-151. https://eprints.mercubuanayogya.ac.id/8813/

Creswell, J. W. (2019). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi Ke-4) (A. Fawaid & R. K. Pancasari, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawati, J. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 79-90. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/696.

du Toit-Brits, C., & van Zyl, C. M. (2017). Self-directed learning characteristics: making learning personal, empowering and successful. Africa Education Review, 14(3–4),122–141. https://doi.org/10.1080/18146627.2016.1267576.

Feritavia, P. R. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi.

Giddings, S. (2014). Self-directed learning (SDL) in higher education: A necessity for 21st century teaching and learning. DOI: 10.13140/RG.2.1.2446.7365.

Garrison, D. R. (1997). Self-directed learning: Toward a comprehensive model. Adult Education Quarterly, 48(1), 18-33. DOI: 10.1177/074171369704800103.

Gregory, R. J. (2013). Tes Psikologi: Sejarah, Prinsip, dan Aplikasi (Edisi Ke-6) (A. Kumara & M. Seno, Trans.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hidayat, M. A., & Sutirna. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Unsika, 2(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2486.

Hirumi, A. (2002). The design and sequencing of E-learning interactions: A grounded approach. International Journal on E-learning, 1(1), 19−27.

Indonesia. (2012). Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Lembar Negara No. 158, Tambahan Lembar Negara No. 5336. JDIH BPK RI Database Peraturan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39063/uu-no-12-tahun-2012.

Jaleel, S., & Anuroofa, O. M. (2017). A study on the relationship between self directed learning and achievement in information technology of students at secondary level. Universal Journal of Educational Research, 5(10), 1849-1852. DOI: 10.13189/ujer.2017.051024.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19.) http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/surat-edaran-mendikbud-nomor-4-tahun-2020.

Irfa’, A. (2017). Pengaruh motivasi belajar, kreativitas belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2016/2017.

Ismanto, B. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan belajar terhadap kemandirian belajar siswa. Jurnal Penelitian Pengembangan PendidikanSatya Widya, 34(2), 160-66. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i2.p160-166.

Kaplan, M. B., & Sacuzzo, D. P. (2009). Psychological Testing: Principles, applications, and issues (7th ed.). Belmont, CA: Cengage Learning.

Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kurita, J. A., & Zarbatany, L. (1991). Teachers’ acceptance of strategies for increasing students’ achievement motivation. Contemporary Educational Psychology, 16(3), 241–253. https://doi.org/10.1016/0361-476X(91)90023-E.

Lestarini, R. (2015). Hubungan konsep diri siswa dengan kemandirian belajar siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Pakualaman, Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/20591/

Merriam, S. B. (2001). Andragogy and self-directed learning: Pillars of adult learning theory. Fau.edu. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?cluster=8785096267848148918&hl=id&as_sdt=0,5.

Nindyati, A. D. (2014). Pengaruh resistance to change terhadap prestasi belajar mahasiswa (Studi empiris pada mahasiswa universitas swasta X di Jakarta). Jurnal Universitas Paramadina, 11(1), 937-50. https://scholar.google.co.id/citations?user=NQhco9AAAAAJ&hl=en.

Rahmatih, A. N., Fauzi, A., & Emiana, I. (2020). Hubungan motivasi dan kemandirian belajar mahasiswa calon guru sekolah dasar. Wahana Sekolah Dasar , 76-83. http://journal2.um.ac.id/index.php/wsd/article/view/13563/6280.

Reio, T. G., & Davis, W. (2005). Age and gender differences in self-directed learning readiness: A developmental perspective. International Journal of Self-Directed Learning, 2(1), 40-49. https://oltraining.com/SDLwebsite/IJSDL/IJSDL2.1-2005.pdf.

Reksoatmodjo, T. N. (2009). Statistika Untuk Psikologi dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Song, L., & Hill, J. R. (2007). A conceptual model for understanding self-directed learning in online environments. Journal of Interactive Online Learning, 6(1), 27-42. https://www.researchgate.net/profile/Liyan_Song4/publication/250699716.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke-13). Bandung: Alfabeta.

Suyono & Hariyanto. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. AKSARA Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.1.89-95.2020.

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (Cetakan Ke-16). Jakarta: Bumi Aksara.

Vallerand R., Pelletier L., Blais M., Senecal C. Vallieres E. (1992). The academic motivation scale: A measure of intrinsic, extrinsic and amotivation in education. Educational and Psychological Measurement, 52(4), 1003-17. DOI: 10.1177/0013164492052004025.

Vrasidas, C., & McIsaac, M. S. (1999). Factors influencing interaction in an online course. American Journal of Distance Education, 13(3), 22−36. https://doi.org/10.1080/08923649909527033.

Watanabe, L. E. (2005). The effects of college student employment on academic achievement. The University of Central Florida Undergraduate Research Journal, 1. 38-47. https://www.urj.ucf.edu/docs/urjmanuscript_watanabe_080509.pdf.

Winarsunu, T. (2017). Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan (Cetakan Ke-8). Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Woo, Y., & Reeves, T. C. (2007). Meaningful interaction in web-based learning: A social constructivist interpretation. Internet and Higher Education,10, 15–25. DOI:10.1016/j.iheduc.2006.10.00.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles