Komodifikasi Berita di Balik Laporan Utama Majalah TEMPO Edisi Janji Tinggal Janji
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini mengungkap bagaimana komodifikasi dalam sebuah laporan media massa cetak. Penulis mengambil objek penelitian majalah mingguan TEMPO, edisi Janji Tinggal Janji, dengan isu utama pelemahan KPK. Edisi ini menarik perhatian lantaran sampul majalah edisi tersebut yang kontroversial. Penulis juga menemukan hal menarik lainnya, yang mungkin secara tidak langsung tim redaksi TEMPO lakukan di balik pemberitaan laporan utama dan beberapa rubrik pelengkapnya. Atas nama independensi atas jurnalisme, produk jurnalistik TEMPO mungkin mengandung komodifikasi. Penulis meneliti komodifikasi menggunakan pendekatan ekonomi politik media, dengan kategorisasi yang diungkap Vincent Mosco. Yakni melalui komodifikasi isi berita, komodifikasi khalayak, dan komodifikasi pekerja media.Kata Kunci: Komodifikasi, ekonomi politik, ideologiReferences
REFERENSI
Ardianto, E. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana; Teori, Metode dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Fuchs, Christian. 2016. Critical Theory of Communication. London: University of Westminster Press.
Liliweri, A. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group.
Mosco, Vincent. 2009. The Political Economy of Communication. AS: Sage.
Nimmo, D. 2004. Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan dan Media. Bandung: Rosda Karya.
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rachmawati S, Dyah. 2015. Jurnal: Komodifikasi Berita di Balik Ideologi Ekonomi Politik Media (Studi pada Program “Polemik†di Radio Sindo Trijaya 104.6 FM Jakarta). Jatinangor: Universitas Padjadjaran.
S, F., & M, W. M. 2005. Why Should I Share? Examining Social Capital. MIS Quarterly: America.