STRATEGI REBRANDING RUMAH SAKIT KHUSUS KUSTA SUNGAI KUNDUR MENJADI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR. RIVAI ABDULLAH BANYUASIN

Authors

  • Siti Lady Havivi Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, STISIPOL Candradimuka, Palembang, Indonesia
  • Iman Kurniawan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, STISIPOL Candradimuka, Palembang, Indonesia
  • Budi Santoso Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, STISIPOL Candradimuka, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51353/bwkxea46

Keywords:

rebranding, rumah sakit, strategi komunikasi, pelayanan kesehatan

Abstract

Rebranding rumah sakit merupakan strategi penting untuk mengatasi stigma, memperkuat identitas organisasi, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan. Penelitian ini menganalisis strategi rebranding Rumah Sakit Khusus Kusta Sungai Kundur menjadi Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Rivai Abdullah (RSUP DRA) Banyuasin. Tujuannya adalah mengevaluasi proses rebranding yang mencakup transformasi identitas, strategi komunikasi, pengembangan layanan, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data diperoleh dari analisis dokumen, wawancara dengan manajemen rumah sakit dan tenaga kesehatan, serta literatur terkait rebranding dan manajemen pelayanan kesehatan. Hasil menunjukkan bahwa rebranding dilakukan melalui lima dimensi utama: (1) transformasi identitas organisasi dan repositioning dari rumah sakit khusus menjadi rumah sakit umum pusat; (2) strategi komunikasi internal, eksternal, dan partisipatif untuk membangun citra baru; (3) pengembangan layanan kesehatan melalui penambahan fasilitas dan peningkatan mutu; (4) manajemen perubahan dengan pelatihan SDM dan kepemimpinan transformatif; serta (5) dukungan kebijakan pemerintah. Dampak rebranding terlihat dari meningkatnya jumlah kunjungan pasien, penguatan citra positif, dan pencapaian akreditasi lebih baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa rebranding RSUP DRA berhasil mengatasi stigma, memperluas segmen pasien, dan memperkuat posisi sebagai rumah sakit rujukan regional.

References

Alzagladi, B., Andriani, H., Prihatin, I., Studi, P., Administrasi, K., Sakit, R., Masyarakat, K., Indonesia, U., Administrasi, D., & Kesehatan, K. (2022). Strategi Rebranding Pada Rumah Sakit Di Indonesia: Tinjauan Literatur. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 10(1).

Badruddin, H., Ilyas, J., & Sulistiadi, W. (2022). STRATEGI BRANDING DALAM PEMASARAN DI RUMAH SAKIT. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2). https://doi.org/10.14710/jkm.v10i2.32774

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches - John W. Creswell, J. David Creswell - Google Books. In SAGE Publications, Inc.

Kapferer, J. N. (2005). The roots of brand loyalty decline: An international comparison. Ivey Business Journal, 69(4).

Miles, M. b, Huberman, M. a, & Saldana, J. (1994). Qualitative Data Analysis - A Method Sourcebook. In Sage Publications.

Mirza, M. (2022). PENGARUH CORPORATE REBRANDING RUMAH SAKIT AWAL BROS MENJADI PRIMAYA HOSPITAL PADA LOYALITAS PASIEN DI TANGERANG. DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 10(1). https://doi.org/10.33592/dk.v10i1.2172

Muzellec, L., & Lambkin, M. (2006). Corporate rebranding: Destroying, transferring or creating brand equity? In European Journal of Marketing (Vol. 40, Issues 7–8). https://doi.org/10.1108/03090560610670007

Naufalia, S. S., & Ali, A. (2023). Analisis Pengelolaan Instagram RS Ortopedi Prof Dr R Soeharso Surakarta Sebagai Media Informasi Rumah Sakit. E-Proceeding of Management, 10(1), 407–414. www.prsa.org

Pertiwi, R. A., Naryoso, A., & Luqman, Y. (2013). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRANDING RUMAH SAKIT TELOGOREJO MENJADI SEMARANG MEDICAL CENTER. Interaksi Online; Vol 1, No 4: Oktober 2013.

Philip Kotler, G. A. (2024). Philip Kotler-principles of marketing. In Early Greek Mythography, Vol. 1: Texts.

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 2015.

Wilson, B. J. (2018). Cornelissen, Joep: Corporate Communication: A Guide to Theory & Practice. Corporate Reputation Review, 21(4). https://doi.org/10.1057/s41299-018-0055-6

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

STRATEGI REBRANDING RUMAH SAKIT KHUSUS KUSTA SUNGAI KUNDUR MENJADI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR. RIVAI ABDULLAH BANYUASIN. (2025). Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 6(1), 253-265. https://doi.org/10.51353/bwkxea46