STRATEGI REBRANDING RUMAH SAKIT KHUSUS KUSTA SUNGAI KUNDUR MENJADI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR. RIVAI ABDULLAH BANYUASIN
DOI:
https://doi.org/10.51353/bwkxea46Keywords:
rebranding, rumah sakit, strategi komunikasi, pelayanan kesehatanAbstract
Rebranding rumah sakit merupakan strategi penting untuk mengatasi stigma, memperkuat identitas organisasi, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan. Penelitian ini menganalisis strategi rebranding Rumah Sakit Khusus Kusta Sungai Kundur menjadi Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Rivai Abdullah (RSUP DRA) Banyuasin. Tujuannya adalah mengevaluasi proses rebranding yang mencakup transformasi identitas, strategi komunikasi, pengembangan layanan, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data diperoleh dari analisis dokumen, wawancara dengan manajemen rumah sakit dan tenaga kesehatan, serta literatur terkait rebranding dan manajemen pelayanan kesehatan. Hasil menunjukkan bahwa rebranding dilakukan melalui lima dimensi utama: (1) transformasi identitas organisasi dan repositioning dari rumah sakit khusus menjadi rumah sakit umum pusat; (2) strategi komunikasi internal, eksternal, dan partisipatif untuk membangun citra baru; (3) pengembangan layanan kesehatan melalui penambahan fasilitas dan peningkatan mutu; (4) manajemen perubahan dengan pelatihan SDM dan kepemimpinan transformatif; serta (5) dukungan kebijakan pemerintah. Dampak rebranding terlihat dari meningkatnya jumlah kunjungan pasien, penguatan citra positif, dan pencapaian akreditasi lebih baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa rebranding RSUP DRA berhasil mengatasi stigma, memperluas segmen pasien, dan memperkuat posisi sebagai rumah sakit rujukan regional.References
Alzagladi, B., Andriani, H., Prihatin, I., Studi, P., Administrasi, K., Sakit, R., Masyarakat, K., Indonesia, U., Administrasi, D., & Kesehatan, K. (2022). Strategi Rebranding Pada Rumah Sakit Di Indonesia: Tinjauan Literatur. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 10(1).
Badruddin, H., Ilyas, J., & Sulistiadi, W. (2022). STRATEGI BRANDING DALAM PEMASARAN DI RUMAH SAKIT. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2). https://doi.org/10.14710/jkm.v10i2.32774
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches - John W. Creswell, J. David Creswell - Google Books. In SAGE Publications, Inc.
Kapferer, J. N. (2005). The roots of brand loyalty decline: An international comparison. Ivey Business Journal, 69(4).
Miles, M. b, Huberman, M. a, & Saldana, J. (1994). Qualitative Data Analysis - A Method Sourcebook. In Sage Publications.
Mirza, M. (2022). PENGARUH CORPORATE REBRANDING RUMAH SAKIT AWAL BROS MENJADI PRIMAYA HOSPITAL PADA LOYALITAS PASIEN DI TANGERANG. DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 10(1). https://doi.org/10.33592/dk.v10i1.2172
Muzellec, L., & Lambkin, M. (2006). Corporate rebranding: Destroying, transferring or creating brand equity? In European Journal of Marketing (Vol. 40, Issues 7–8). https://doi.org/10.1108/03090560610670007
Naufalia, S. S., & Ali, A. (2023). Analisis Pengelolaan Instagram RS Ortopedi Prof Dr R Soeharso Surakarta Sebagai Media Informasi Rumah Sakit. E-Proceeding of Management, 10(1), 407–414. www.prsa.org
Pertiwi, R. A., Naryoso, A., & Luqman, Y. (2013). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRANDING RUMAH SAKIT TELOGOREJO MENJADI SEMARANG MEDICAL CENTER. Interaksi Online; Vol 1, No 4: Oktober 2013.
Philip Kotler, G. A. (2024). Philip Kotler-principles of marketing. In Early Greek Mythography, Vol. 1: Texts.
Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 2015.
Wilson, B. J. (2018). Cornelissen, Joep: Corporate Communication: A Guide to Theory & Practice. Corporate Reputation Review, 21(4). https://doi.org/10.1057/s41299-018-0055-6
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Lady Havivi, Iman Kurniawan, Budi Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak kepada jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution CC BY yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karyanya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awal di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang dipublikasikan.


