EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MEDIA DARING DI UPTD SPNF SKB KOTA TENGERANG SELATAN
Abstract
Penelitian ini menganalisis efektivitas komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di UPTD SPNF SKB Kota Tangerang Selatan, khususnya dalam konteks pembelajaran daring. Hasil analisis menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang terjadi cukup efektif dan baik. Kedekatan yang erat antara guru dan siswa terbangun melalui karakteristik keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, kesetaraan, bimbingan, perhatian, saran, serta nasihat yang diberikan guru. Hal ini berkontribusi signifikan dalam memudahkan dan membangun motivasi belajar siswa.Karakteristik keterbukaan tercermin dari upaya guru menanyakan kebutuhan tiap siswa, memberikan dukungan sesuai kebutuhan, dan membimbing kegiatan belajar. Guru juga memanfaatkan aplikasi seperti Google Classroom untuk menyampaikan informasi mengenai lingkungan pendidikan, serta berusaha mengenal nama dan latar belakang seluruh siswa. Empati guru terlihat dalam memberi perhatian khusus dan membuat pemetaan sesuai kemampuan belajar. Untuk siswa berkebutuhan khusus (ABK), guru menyusun program pembelajaran individual (PPI) dan RPP, memilih metode pembelajaran yang sesuai, menggunakan materi akademik fungsional, mengajarkan keterampilan serta menerapkan reward dan punishment.Dukungan guru dalam membangun motivasi belajar siswa melalui media daring meliputi memberikan pujian, kesempatan berpartisipasi, suasana belajar yang nyaman, serta pendampingan intens. Guru perlu menyadari dan menanggapi masalah yang dialami siswa, baik dalam maupun luar lingkungan sekolah, serta memberikan saran dan nasihat untuk membangkitkan semangat siswa. Secara umum penelitian ini menegaskan pentingnya komunikasi interpersonal yang baik antara guru dan siswa untuk meningkatkan motivasi belajar melalui media daring. Kata Kunci: komunikasi interpersonal, motivasi belajar, media daringDownloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak kepada jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution CC BY yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karyanya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awal di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang dipublikasikan.


