KONVERGENSI MEDIA DAN PERUBAHAN KEBIASAAN MENONTON SINETRON PRIME TIME PEREMPUAN PENONTON SETIA

Authors

  • Ruth Putryani Saragih
  • Ari Kurnia
  • Maybi Prabowo

DOI:

https://doi.org/10.51353/kvg.v5i2.988

Abstract

beradaptasi melalui digitalisasi dan konvergensi media. Konvergensi media menjadi keharusan bagi media konvensional agar konten yang diproduksi tetap relevan dan dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang viewing habit perempuan-perempuan penonton setia sinetron prime time televisi, bagaimana dan mengapa mereka tetap memilih menonton melalui media tradisional maupun beralih melalui media baru atau mungkin ada pilihan cara lain. Lebih lanjut juga diharapkan akan bisa diketahui apakah ada perbedaan pada perempuan-perempuan penonton setia sinetron prime time televisi tentang pilihan mereka di dalam mengonsumsi sinetron kegemaran mereka terkait latar belakang dan alasannya. Teori Uses and Gratifications digunakan sebagai kerangka untuk memahami motivasi penonton dalam mengakses media baru. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode kualitatif dengan wawancara mendalam kepada subjek penelitian kepada subjek penelitian yang terdiri dari perempuan berusia 25 hingga 50 tahun, baik yang bekerja di sektor formal maupun informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan penonton setia sinetron memiliki kebiasaan menonton yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kebutuhan emosional, sosial, dan hiburan. Penonton juga menunjukkan keterikatan yang kuat terhadap karakter dan alur cerita sinetron, yang berfungsi sebagai pelarian dari rutinitas sehari-hari. Simpulannya, menikmati sinetron melalui televisi tetap menjadi pilihan utama bagi perempuan penonton setia meskipun ada perubahan dalam cara mengkonsumsi media dan konvergensi media memberikan peluang baru bagi industri sinetron untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Kata Kunci: Konvergensi Media, Sinetron, Penonton Setia, Uses and Gratifications

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

KONVERGENSI MEDIA DAN PERUBAHAN KEBIASAAN MENONTON SINETRON PRIME TIME PEREMPUAN PENONTON SETIA . (2024). Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(2), 90-105. https://doi.org/10.51353/kvg.v5i2.988