Skyline sprint: Pemanfaatan kaleng bekas sebagai Media Intervensi Manajemen Waktu Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.51353/inquiry.v16i1.1087Keywords:
time management, psycho-social approach, interactive intervention, psychological interventionAbstract
Manajemen waktu merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa dalam menghadapi berbagai tuntutan akademik maupun kegiatan organisasi. Permasalahan umum yang sering terjadi adalah kesulitan dalam menetapkan skala prioritas, menyusun jadwal yang realistis, serta menghindari penundaan atau prokrastinasi. Hipotesis utama dalam penelitian ini adalah bahwa permainan tersebut mampu meningkatkan empat aspek utama keterampilan manajemen waktu, yaitu penetapan tujuan dan prioritas, perencanaan dan penjadwalan, pengendalian waktu, serta preferensi terhadap keteraturan. Intervensi ini dilaksanakan pada bulan Desember 2024 dalam rangkaian kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Jurusan Psikologi Universitas Jambi. Partisipan dalam kegiatan ini berjumlah 149 mahasiswa semester I dan III yang merupakan peserta aktif LKMM. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan pendekatan one-group pretest-posttest. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi performa kelompok dan angket evaluasi yang disusun berdasarkan indikator manajemen waktu menurut Macan (1994). Data hasil observasi dan evaluasi ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja peserta selama pelaksanaan permainan dan efektivitas permainan tersebut terhadap kemampuan manajemen waktu mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas kelompok mengalami peningkatan yang signifikan dalam keempat aspek keterampilan manajemen waktu. Sebagian besar peserta menunjukkan kemampuan yang baik dalam menyusun rencana, menyesuaikan diri terhadap gangguan, dan menyelesaikan tugas tepat waktu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan psikoedukatif melalui permainan Skyline Sprint efektif dalam meningkatkan keterampilan manajemen waktu mahasiswa, dan direkomendasikan untuk diterapkan dalam kegiatan pengembangan kepemimpinan serta pembelajaran berbasis pengalaman di pendidikan tinggi.References
Bella, M. M., & Ratna, L. W. (2018). PERILAKU MALAS BELAJAR MAHASISWA DI LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA.
Dana, T. S., Eva, N., & Andayani, S. (2022). Kepercayaan Diri dan Kesejahteraan Psikologis Anggota Organisasi Mahasiswa. Jurnal Psikologi Perseptual, 7(1), 28. https://doi.org/10.24176/perseptual.v7i1.6136
Diana Anindita, M.Mawahib Ahyauddin, & Siti Hikmah. (2024). Pelatihan Manajemen Waktu pada Komunitas Mahasiswa Islam. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 5(1), 122–143. https://doi.org/10.55606/cendekia.v5i1.3386
Dzil, F., & Harta, I. (2020). Analisis Manajemen Waktu Organisasi dan Kuliah Aktivis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Psikologi, 2009, 280–286.
Fathurrahman, A., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). PENINGKATAN EFEKTIVTAS PEMBELAJARAN MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN TEAMWORK. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2).
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Kartadinata, I., & Tjundjing, S. (2008). I Love You Tomorrow: Prokrastinasi Akademik dan Manajemen Waktu. In Indonesian Psychological Journal (Vol. 23, Nomor 2).
Lukitasari, L., & Nugraha, R. N. (2023). Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Kerjasama Tim Pada UMKM Fashion Muslim Gwenza.
Macan, T. H. (1994). Time Management: Test of a Process Model. Journal of Applied Psychology, 79(3), 381–391. https://doi.org/10.1037/0021-9010.79.3.381
Martunis, & Bahri, S. (2016). IDENTIFIKASI MASALAH-MASALAH YANG DIALAMI MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK DAN EKONOMI UNSYIAH. SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling FKIP UNSYIAH.
Pratama, A. R., Rawati, M., Fajri, F., Oktaviany, K., & Messy, M. (2024). Dinamika Organisasi Mahasiswa: Pengembangan, Komitmen, dan Transformasi di Zaman Modern. Jurnal Manajemen dan Budaya, 4(2), 28–38. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i2.627
Raihan, M., Aprisal, D., Hanifah, I. L., Wajangsari, N. A., & Rifani, R. (2025). Psikoedukasi Time Management Terhadap Quality of life Karyawan PT Pos Indonesia ( Persero ) Regional VI Makassar. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3, 247–253.
Risni, T. W., Syahidah, N. lukmatus, Hendy, H., & Pradigta, M. danara indra. (2023). Intervensi Keberlanjutan Prokrastinasi Akademik dalam Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Education Research, 4(1), 107–115. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.135
Suhardi, M. (2023). PENGARUH KARAKTERISTIK TIM DAN KERJASAMA TIM TERHADAP EFEKTIFITAS TIM PADA PEGAWAI TATA USAHA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KABUPATEN LOMBOK BARAT. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 3(4).
Syelviani, M. (2020). PENTINGNYA MANAJEMEN WAKTU DALAM MENCAPAI EFEKTIVITAS BAGI MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Unisi). JAM: Jurnal Analisis Manajemen, 20(1), 396–406.
Yuniasanti, R., Rinaldi, M. R., & Sandiasih, K. M. (2024). Meningkatkan enterpreneurial leadership pada mahasiswa melalui experiential learning team project. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 6(1), 26–37.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amanda Eka Putri, Al Pasha Desrechta, Fitria Sarita, Cristin Sry Rejeki Lumbantobing, Nur Rahma Yani, Indi Etika Lestari, Anggun Dwitika, Ramandha, Gilang Nurochman Wardhana, Supandri, M. Tri Firia Chandra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



