SKYLINE SPRINT: PEMANFAATAN KALENG BEKAS SEBAGAI MEDIA INTERVENSI MANAJEMEN WAKTU MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.51353/inquiry.v16i1.1087Kata Kunci:
manajemen waktu, psikoedukasi, permainan interaktif, intervensi psikologisAbstrak
Manajemen waktu adalah kemampuan penting bagi mahasiswa dalam mengelola tuntutan akademik dan non-akademik. Namun, banyak mahasiswa menghadapi kendala, seperti prokrastinasi dan kurangnya fokus. Artikel ini membahas efektivitas program psikoedukasi berbasis permainan interaktif "Skyline Sprint" untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu mahasiswa Psikologi Universitas Jambi. Program ini melibatkan simulasi aktivitas prioritas menggunakan media kaleng bekas. Peserta belajar menyusun prioritas tugas berdasarkan tingkat urgensi dan kepentingan dalam waktu terbatas. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek menetapkan tujuan, merencanakan, mengontrol waktu, dan preferensi untuk bekerja secara terorganisasi. Mayoritas peserta memberikan umpan balik positif terhadap pendekatan interaktif ini. Dengan demikian, permainan ini tidak hanya mengasah keterampilan manajemen waktu, tetapi juga memperkuat kerja sama tim dan mengurangi stres akibat pengelolaan waktu yang lebih baik. Artikel ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis permainan interaktif efektif sebagai intervensi manajemen waktu dalam konteks pendidikan tinggi.Referensi
Bella, M. M., & Ratna, L. W. (2018). PERILAKU MALAS BELAJAR MAHASISWA DI LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA.
Dana, T. S., Eva, N., & Andayani, S. (2022). Kepercayaan Diri dan Kesejahteraan Psikologis Anggota Organisasi Mahasiswa. Jurnal Psikologi Perseptual, 7(1), 28. https://doi.org/10.24176/perseptual.v7i1.6136
Diana Anindita, M.Mawahib Ahyauddin, & Siti Hikmah. (2024). Pelatihan Manajemen Waktu pada Komunitas Mahasiswa Islam. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 5(1), 122–143. https://doi.org/10.55606/cendekia.v5i1.3386
Dzil, F., & Harta, I. (2020). Analisis Manajemen Waktu Organisasi dan Kuliah Aktivis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Psikologi, 2009, 280–286.
Fathurrahman, A., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). PENINGKATAN EFEKTIVTAS PEMBELAJARAN MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN TEAMWORK. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2).
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Kartadinata, I., & Tjundjing, S. (2008). I Love You Tomorrow: Prokrastinasi Akademik dan Manajemen Waktu. In Indonesian Psychological Journal (Vol. 23, Nomor 2).
Lukitasari, L., & Nugraha, R. N. (2023). Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Kerjasama Tim Pada UMKM Fashion Muslim Gwenza.
Macan, T. H. (1994). Time Management: Test of a Process Model. Journal of Applied Psychology, 79(3), 381–391. https://doi.org/10.1037/0021-9010.79.3.381
Martunis, & Bahri, S. (2016). IDENTIFIKASI MASALAH-MASALAH YANG DIALAMI MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK DAN EKONOMI UNSYIAH. SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling FKIP UNSYIAH.
Pratama, A. R., Rawati, M., Fajri, F., Oktaviany, K., & Messy, M. (2024). Dinamika Organisasi Mahasiswa: Pengembangan, Komitmen, dan Transformasi di Zaman Modern. Jurnal Manajemen dan Budaya, 4(2), 28–38. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i2.627
Raihan, M., Aprisal, D., Hanifah, I. L., Wajangsari, N. A., & Rifani, R. (2025). Psikoedukasi Time Management Terhadap Quality of life Karyawan PT Pos Indonesia ( Persero ) Regional VI Makassar. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3, 247–253.
Risni, T. W., Syahidah, N. lukmatus, Hendy, H., & Pradigta, M. danara indra. (2023). Intervensi Keberlanjutan Prokrastinasi Akademik dalam Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Education Research, 4(1), 107–115. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.135
Suhardi, M. (2023). PENGARUH KARAKTERISTIK TIM DAN KERJASAMA TIM TERHADAP EFEKTIFITAS TIM PADA PEGAWAI TATA USAHA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KABUPATEN LOMBOK BARAT. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 3(4).
Syelviani, M. (2020). PENTINGNYA MANAJEMEN WAKTU DALAM MENCAPAI EFEKTIVITAS BAGI MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Unisi). JAM: Jurnal Analisis Manajemen, 20(1), 396–406.
Yuniasanti, R., Rinaldi, M. R., & Sandiasih, K. M. (2024). Meningkatkan enterpreneurial leadership pada mahasiswa melalui experiential learning team project. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 6(1), 26–37.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Amanda Eka Putri, Al Pasha Desrechta, Fitria Sarita, Cristin Sry Rejeki Lumbantobing, Nur Rahma Yani, Indi Etika Lestari, Anggun Dwitika, Ramandha, Gilang Nurochman Wardhana, Supandri, M. Tri Firia Chandra

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Ilmiah Psikologi