PROGRAM INTERVENSI KOGNITIF-PERILAKU DALAM MENURUNKAN KECEMASAN SOSIAL DI LINGKUNGAN AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.51353/inquiry.v13i01.288Keywords:
intervensi kognitif-perilaku; kecemasan sosial; lingkungan akademik; SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari intervensi kognitif-perilaku dalam menurunkan kecemasan sosial di lingkungan akademik pada siswa SMA. Intervensi ini disusun berdasarkan tiga level tujuan intervensi kognitif-perilaku yang dikemukakan oleh Stallard (2005). Desain penelitian ini merupakan single subject design dengan ABA design, yaitu dengan mengidentifikasi efektivitas dari treatment yang diberikan terkait permasalahan perilaku pada subyek, dengan membandingkan hasil sebelum dan setelah treatment diberikan. Â Subyek penelitian adalah seorang siswa SMA yang memiliki masalah kecemasan sosial di lingkungan akademik. Tingkat kecemasan subyek diukur melalui Social Anxiety Scale for Adolescent (SAS-A) yang telah diadaptasi oleh Oktarani (2014) ke dalam bahasa Indonesia. Selain itu juga dilakukan wawancara terhadap subjek, guru dan teman dengan berpedoman pada tiga subskala kecemasan sosial dari La Greca dan Lopez (1998). Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi kognitif-perilaku ini efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan sosial subjek di lingkungan akademik. Hasil ini juga diperkuat dari hasil peninjauan kembali yang dilakukan dua minggu setelah treatment, dengan mewawancarai subyek, guru dan teman.References
Adelman, H., & Taylor, L. (2010). Mental health in Schools: Engaging Learners, Preventing Problem, and Improving Schools. Thousand Oaks, CA: Corwin Press
Amalia, R. (2015). Gambaran Kecemasan Sosial Berdasarkan Liebowitz Social Anxiety Scale Pada Remaja Awal di Jatinangor. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran. Bandung
American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder, DSM-V (5th Edition). Washington DC: American Psychiatric Publishing.
Antony, M. M., & Swinson, R. P (2000). Shyness and Social Anxiety Workbook. Canada. New Harbinger Publication, Inc.
Asrori, A. (2015). Terapi Kognitif Perilaku Untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan Sosial. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol.03. No.1.
Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol 5. No. 3. 143-148
Bender, R. C. (1975). Educations as a Function of Effective Communication. The High School Journal. Vol. 58. No.7 307-311.
Fisher, P.H., Warner, C, M., & Klein R, G. (2004). Skill for Social and Academic Success: A School-Based Intervention for Social Anxiety Disorder in Adolescents. Clinical Child and Family Psychology. Vol 7. No.4. 241-9.
LaGreca, A. M & Lopez, N. (1998). Social Anxiety Among Adolescent: Linkages with Peers Relation and Friendship. Journal of Abnormal Child Psychology. Vol. 26. No. 02. 83-94.
LaGreca, A. M & Stone, W. L. (1993). Social Anxiety Scale for Children-Revised: Facto Structure and Concurent Validity. Journal of Clinical Child Psychology. Vol. 22. No. 1. 17-27
Muhammad, H. (2013). Pedoman Penelusuran Minat Peserta Didik. Jakarta: Kemendikbud, Dirjen Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Nicolson, D., & Ayers, H. (2004). Adolescent Problem: A Practical Guide for Parents, Teacher and Counsellors 2nd edition. London: David Fulton.
Niekerk, R. E., Klein, A. M., Dam, E. A, Hudson, J. L., Rinck, M., Hutschmaekers, G. J. M., dan Becker, E. S. 2016. The Role of Cognitive Factor in Chilhood Social Anxiety: Threat Thoughts and Social Skills Perception. Cognitive Therapy. 489-497.
Oktarani, D. (2013). Menurunkan TingkaT Kecemasan Sosial Ada Remaja Melalui Program Interveni Individual dengan Pendekatan Kognitif-Perilaku. Tesis. Depok: Universitas Indonesia.
Schneier, F. R. (2003). Social Anxiety Disorder. BMJ. 515-516.
Stallard, P. (2005). Think Good-Feel Good. A Cognitive Behavior Therapy Workbook for Children and Young People. London: John Wiley & Son, Ltd.
Stanley, M.A., Diefenbach, G. J., & Hopko, D. R. (2004). Cognitive Behavioral Treatment for Older Adult with Generalized Anxiety Disorder. A Therapist Manual for Primary Care Setting. Behavioral Modification. Vol. 28. 73-117.
Widyaastuti (2018). Penyusunan Skala Kecemasan Aspek Sosial Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma.
Wong, D.F.K., Kwok, S.Y.C.L., Low, Y.T., Man, K.W., & Ip, P.S.Y. (2016). Evaluating Effectiveness of Cognitive-Behavior Therapy for Hong Kong Adolescent with Anxiety Problem. Research on Social Work Practice. 1-10
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Aristya Puspita Adi Wardhani, Puji Lestari Suharso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.