PENGARUH MOTIVASI BELANJA ONLINE SAAT PANDEMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHAHASISWA KELAS KARYAWAN UNIVERSITAS PARAMADINA

Authors

  • Suci Nurani Ananda Universitas Paramadina
  • Sela Siti Khodijah

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v13i01.548

Keywords:

motivasi belanja online saat pandemi; perilaku konsumtif; kelas karyawan universitas paramadina; skala motivasi situasional; virus korona, online shopping motivation during pandemic; consumptive behavior; employee class of paramadina university; situational motivation scale; Coronavirus (COVID-19)

Abstract

COVID-19 telah memodifikasi perilaku konsumsi dan mengubah strategi pembelian masyarakat. Hal ini terjadi karena adanya penyesuaian perilaku masyarakat terhadap penerapan peraturan lockdown serta social distancing yang dikeluarkan oleh pemerintah. Penggunaan internet selama masa pandemi COVID-19 tidak hanya merubah cara bekerja dan belajar masyarakat, namun membawa dampak khusus bagi perilaku konsumtif masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada motivasi belanja online saat pandemi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa kelas karyawan Universitas Paramadina. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 41 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belanja online saat pandemi memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 33,6% terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa kelas karyawan Universitas Paramadina

References

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.

Barry, K. C., Hsu, J., Broz, M. L., Cueto, F. J., Binnewies, M., Combes, A. J., Nelson, A. E., Loo, K., Kumar, R., & Rosenblum, M. D. (2018). A natural killer–dendritic cell axis defines checkpoint therapy–responsive tumor microenvironments. Nature Medicine, 24(8), 1178–1191.

Cambefort, M. (2020). How the COVID-19 pandemic is challenging consumption. Markets, Globalization & Development Review, 5(1).

Cohen, M. J. (2020). Does the COVID-19 outbreak mark the onset of a sustainable consumption transition? Sustainability Sci Pract Policy 16 (1): 1–3.

Degli Esposti, P., Mortara, A., & Roberti, G. (2021). Sharing and Sustainable Consumption in the Era of COVID-19. Sustainability, 13(4), 1903.

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2011). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen (Edisi 1). Yogyakarta: BPFE.

Ekosistem, C. P. P. B. (2015). Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Çakir, Gülcan. 2017. Sprechfertigkeit: Ein Blick In Moderne Regionale Lehrwerke Für Den Deutsch Als Fremdsprache–Unterricht In Der Türkei. Ines Journal. The Journal of International .

Flew, T., & Humphreys, S. (2005). Games: Technology, industry, culture. New Media: An Introduction 2nd Edition, 101–114.

Guay, F., Vallerand, R. J., & Blanchard, C. (2000). On the assessment of situational intrinsic and extrinsic motivation: The Situational Motivation Scale (SIMS). Motivation and Emotion, 24(3), 175–213.

Horakova, M. (2015). Consumer Behavior of College Students in the Czech Republic. Journal of Competitiveness. Https://Publikace.k.Utb.Cz/Bitstream/Handle/10563/1007077/Fulltext_1007077.Pdf?Sequence=1&isAllowed=n.

Kirk, C. P., & Rifkin, L. S. (2020). I’ll trade you diamonds for toilet paper: Consumer reacting, coping and adapting behaviors in the COVID-19 pandemic. Journal of Business Research, 117, 124–131.

Mulianingsih, D. (2018). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Kecenderungan Pembelian Impulsif di Online Shop (Survei Online pada Konsumen Zalora Indonesia di Kota Surabaya). Universitas Brawijaya.

Musanna, M. (2018). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif Mahasiswa Terhadap Belanja Online (Studi Kasus Belanja Mahasiswa Menggunakan Media Sosial di FEB Unsyiah). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(2).

Nguyen, M. H., Armoogum, J., & Nguyen Thi, B. (2021). Factors affecting the growth of e-shopping over the covid-19 era in hanoi, vietnam. Sustainability, 13(16), 9205.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68.

Sarwono, J. (2011). Mixed Methods: Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Statistik, B. P. (2020). Pencegahan perkawinan anak. Percepatan Yang Tidak Bisa Ditunda.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran [Consumer Behavior: Theory and Practice in Marketing]. Jakarta, Indonesia: PT Ghalia Indonesia.

Turgut, Y. B., & Turgut, M. (2020). Turkish scientist Hulusi Behçet (1889–1948) and his contribution to the medical world. Child’s Nervous System, 36(4), 665–666.

Urbina, S. (2014). Essentials of psychological testing. John Wiley & Sons.

Yulia, S. (2016). Hubungan konformitas dengan perilaku konsumtif pada komunitas hijabers Jakarta. Hubungan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Komunitas Hijabers Jakarta.

Downloads

Published

2022-09-08

Issue

Section

Articles