MOTIVASI BELANJA ONLINE SAAT PANDEMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHAHASISWA KELAS PARALEL UNIVERSITAS PARAMADINA

Penulis

  • Suci Nurani Ananda Universitas Paramadina
  • Sela Siti Khodijah

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v13i01.548

Kata Kunci:

Online Shopping Motivation During Pandemic, Consumptive Behavior, Parallel Class of Paramadina University, Situational Motivation Scale, Coronavirus (COVID-19)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh pada motivasi belanja online saat pandemi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa kelas paralel Universitas Paramadina. Pada penelitian ini, responden merupakan sampel dari populasi yang berjumlah 41 orang. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur variabel motivasi belanja online saat pandemi diadaptasi dari alat ukur Guay, Vallerand, dan Blanchard (2000) yaitu Situational Motivation Scale (SIMS). SIMS terdiri dari 16 aitem yang terdiri dari aspek intrinsic motivation, identified regulation, external regulation dan amotivation. Alat ukur pada variabel perilaku konsumtif didapatkan dari penelitian Siska Yulia (2014) yang berjudul Hubungan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Komunitas Hijabers Jakarta. Alat ukur perilaku konsumtif ini terdiri dari 10 aitem. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belanja online saat pandemi memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 33,6% terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa kelas paralel Universitas Paramadina.

Referensi

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.

Barry, K. C., Hsu, J., Broz, M. L., Cueto, F. J., Binnewies, M., Combes, A. J., Nelson, A. E., Loo, K., Kumar, R., & Rosenblum, M. D. (2018). A natural killer–dendritic cell axis defines checkpoint therapy–responsive tumor microenvironments. Nature Medicine, 24(8), 1178–1191.

Cambefort, M. (2020). How the COVID-19 pandemic is challenging consumption. Markets, Globalization & Development Review, 5(1).

Cohen, M. J. (2020). Does the COVID-19 outbreak mark the onset of a sustainable consumption transition? Sustainability Sci Pract Policy 16 (1): 1–3.

Degli Esposti, P., Mortara, A., & Roberti, G. (2021). Sharing and Sustainable Consumption in the Era of COVID-19. Sustainability, 13(4), 1903.

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2011). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen (Edisi 1). Yogyakarta: BPFE.

Ekosistem, C. P. P. B. (2015). Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Çakir, Gülcan. 2017. Sprechfertigkeit: Ein Blick In Moderne Regionale Lehrwerke Für Den Deutsch Als Fremdsprache–Unterricht In Der Türkei. Ines Journal. The Journal of International .

Flew, T., & Humphreys, S. (2005). Games: Technology, industry, culture. New Media: An Introduction 2nd Edition, 101–114.

Guay, F., Vallerand, R. J., & Blanchard, C. (2000). On the assessment of situational intrinsic and extrinsic motivation: The Situational Motivation Scale (SIMS). Motivation and Emotion, 24(3), 175–213.

Horakova, M. (2015). Consumer Behavior of College Students in the Czech Republic. Journal of Competitiveness. Https://Publikace.k.Utb.Cz/Bitstream/Handle/10563/1007077/Fulltext_1007077.Pdf?Sequence=1&isAllowed=n.

Kirk, C. P., & Rifkin, L. S. (2020). I’ll trade you diamonds for toilet paper: Consumer reacting, coping and adapting behaviors in the COVID-19 pandemic. Journal of Business Research, 117, 124–131.

Mulianingsih, D. (2018). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Kecenderungan Pembelian Impulsif di Online Shop (Survei Online pada Konsumen Zalora Indonesia di Kota Surabaya). Universitas Brawijaya.

Musanna, M. (2018). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif Mahasiswa Terhadap Belanja Online (Studi Kasus Belanja Mahasiswa Menggunakan Media Sosial di FEB Unsyiah). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(2).

Nguyen, M. H., Armoogum, J., & Nguyen Thi, B. (2021). Factors affecting the growth of e-shopping over the covid-19 era in hanoi, vietnam. Sustainability, 13(16), 9205.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68.

Sarwono, J. (2011). Mixed Methods: Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Statistik, B. P. (2020). Pencegahan perkawinan anak. Percepatan Yang Tidak Bisa Ditunda.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran [Consumer Behavior: Theory and Practice in Marketing]. Jakarta, Indonesia: PT Ghalia Indonesia.

Turgut, Y. B., & Turgut, M. (2020). Turkish scientist Hulusi Behçet (1889–1948) and his contribution to the medical world. Child’s Nervous System, 36(4), 665–666.

Urbina, S. (2014). Essentials of psychological testing. John Wiley & Sons.

Yulia, S. (2016). Hubungan konformitas dengan perilaku konsumtif pada komunitas hijabers Jakarta. Hubungan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Komunitas Hijabers Jakarta.

Diterbitkan

2022-09-08

Terbitan

Bagian

Articles