EVALUASI DAN REKOMENDASI PROGRAM PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Penulis

  • Bertha Kristiyanti
  • Ainun Nisa Simon
  • Dinda Afiyata Vika
  • Beatrix Tinduku

DOI:

https://doi.org/10.51353/inquiry.v15i02.1021

Kata Kunci:

kekerasan seksual, pelecehan seksual, pencegahan, sekolah

Abstrak

Kekerasan seksual telah menjadi isu global yang menjadi perhatian serius di berbagai negara. Pada konteks sekolah, perilaku seksual yang merugikan menjadi masalah global sejak tahun 1990-an dan tantangan besar masyarakat. Tingginya angka pelecehan anak dan kekerasan seksual telah menyoroti perlunya intervensi yang terfokus untuk mendidik pelajar muda tentang risiko seksual dan perlindungan terhadap perilaku yang merugikan serta untuk meningkatkan kesadaran akan hak mereka untuk dilindungi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi program preventif tentang kekerasan seksual yang sudah berjalan di Indonesia dan memberikan rekomendasi terkait program preventif lainnya yang dapat diterapkan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR). Penelusuran artikel dilakukan melalui database Scopus, ScienceDirect, dan Garuda dengan melibatkan 15 artikel yang relevan mengenai intervensi preventif kekerasan seksual. Seluruh artikel yang ditinjau juga dinilai kelayakannya sesuai dengan pedoman Mixed Method Appraisal Tool (MMAT). Intervensi berbasis pendidikan, yang mencakup pelatihan pengamat, psikoedukasi, literasi media, dan penyuluhan hukum, terbukti meningkatkan kesadaran dan perilaku pencegahan kekerasan seksual di kalangan siswa. Program intervensi berbasis sekolah dan komunitas juga sangat membantu mencegah kekerasan seksual dan menciptakan lingkungan yang lebih aman.

Referensi

Afandi, D. (2018). Medicolegal Study of Sexual Violence Cases in Pekanbaru, Indonesia: Prevalence, Pattern, and Indonesian Legal Framework. Egyptian Journal of Forensic Sciences, 8, 1-10. https://doi.org/10.1186/s41935-018-0067-5

Ajayi, A. I., Mudefi, E., & Owolabi, E. O. (2021). Prevalence and Correlates of Sexual Violence Among Adolescent Girls and Young Women: Findings From A Cross-Sectional Study In A South African University. BMC Women's Health, 21, 1-9. https://doi.org/10.1186/s12905-021-01445-8

Allnock, D., & Atkinson, R. (2019). Snitches get stitches: School-specific barriers to victim disclosure and peer reporting of sexual harm committed by young people in school contexts. Child Abuse & Neglect, 89, 7–17. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2018.12.025

Awaru, A. O. T., Ahmad, M. R. S., & Agustang, A. D. M. P. (2022). Edukasi pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual pada siswa UPT SPF SD Negeri Barombong Kota Makassar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 575-582. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i2.395

Barus, N. R., Sukamdani, P., Ramadhan, A., Fikri, A., Susanti, D., Syafitri, D. A. W., Palupi, U. R. (2023). Peraturan menteri nomor 46 tahun 2023 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Coker, A. L., Bush, H. M., Brancato, C. J., Clear, E. R., & Recktenwald, E. A. (2019). Bystander Program Effectiveness to Reduce Violence Acceptance: RCT in High Schools. Journal of Family Violence, 34(3), 153–164. Scopus. https://doi.org/10.1007/s10896-018-9961-8

Davidov, D. M., Hill, K., Bush, H. M., & Coker, A. L. (2020). The Green Light for Green Dot: A Qualitative Study of Factors Influencing Adoption of an Efficacious Violence Prevention Program in High School Settings. Violence Against Women, 26(12–13), 1701–1726. Scopus. https://doi.org/10.1177/1077801219886377

De Lijster, G. P., Felten, H., Kok, G., & Kocken, P. L. (2016). Effects of an interactive school-based program for preventing adolescent sexual harassment: a cluster-randomized controlled evaluation study. Journal of youth and adolescence, 45, 874-886. https://doi.org/10.1007/s10964-016-0471-9

Draugedalen, K., Kleive, H., & Grov, O. (2021). Preventing harmful sexual behavior in primary schools: Barriers and solutions. Child Abuse & Neglect, 121. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2021.105295

Edwards, K. M., Banyard, V. L., Waterman, E. A., Simon, B., Hopfauf, S., Mitchell, K. J., Jones, L. M., Mercer Kollar, L. M., & Valente, T. W. (2023). Diffusion effects of a sexual violence prevention program leveraging youth–adult partnerships. American Journal of Community Psychology, 71(3–4), 344–354. Scopus. https://doi.org/10.1002/ajcp.12645

Eleanora, F. N., Wijanarko, D. S., Afifah, F., Putri, P. A., Sulistiawati, S., Salsabila, S., Pradana, S. R., Hidayat, M. F., Louis, K., & Luwinanda, A. M. (2023). Penyuluhan Hukum bagi Siswa dan Siswi SMAN 3 Tambun Selatan Terkait Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual di Lingkungan Sekolah. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 166–171. https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v2i3.2649

Ey, L.-A., & McInnes, E. (2020). Harmful sexual behaviour in young children and pre-teens – An education issue. New York: Routledge.

Ginting, Y. P., & Wartoyo, F. X. (2023). Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Dalam Rangka Penyelenggaraan Orientasi Karyawan Baru. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 60-74. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.155

Hackett, S. (2010). Children and young people with harmful sexual behaviours. Children behaving badly? Peer violence between children and young people, 121-135. http://doi.org/10.1002/9780470976586

Hinga, I. A. T. (2019). Pencegahan kekerasan seksual pada anak melalui edukasi kesehatan reproduksi berbasis media pada murid sekolah pendidikan anak usia dini (Paud). GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 83-98.

Holmes, K., & Sher, L. (2013). Dating violence and suicidal behavior in adolescents. International Journal of Adolescent Medicine and Health, 25, 257–261. https://doi.org/10.1515/ijamh-2013-0059

Hong, Q. N., Fàbregues, S., Bartlett, G., Boardman, F., Cargo, M., Dagenais, P., Gagnon, M.-P., Griffiths, F., Nicolau, B., O’Cathain, A., Rousseau, M.-C., Vedel, I., & Pluye, P. (2018). The Mixed Methods Appraisal Tool (MMAT) version 2018 for information professionals and researchers. Education for Information, 34(4), 285–291. https://doi.org/10.3233/EFI-180221

Jouriles, E. N., McDonald, R., Rosenfield, D., & Sargent, K. S. (2019). Increasing Bystander Behavior to Prevent Adolescent Relationship Violence: A Randomized Controlled Trial. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 87(1), 3–15. Scopus. https://doi.org/10.1037/ccp0000355

Diterbitkan

2024-12-03