PENGARUH OPTIMISME DAN EFIKASI DIRI TERHADAP RESILIENSI MAHASISWA RANTAU LUAR PULAU JAWA DI UIN SALATIGA TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.51353/inquiry.v16i1.1043Kata Kunci:
Optimisme , Efikasi Diri, Resiliensi, Mahasiswa Rantau Luar Pulau JawaAbstrak
Resiliensi merupakan kemampuan individu untuk tetap tangguh dan beradaptasi secara positif dalam menghadapi tekanan dan kesulitan termasuk pemulihan dari pengalaman negatif serta belajar dari situasi sulit untuk terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh optimisme dan efikasi diri terhadap resiliensi mahasiswa rantau luar pulau jawa di UIN Salatiga tahun 2024, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Non-Probability Sampling dengan mengkombinasikan teknik accidental sampling dan purposive sampling, pengumpulan data menggunakan tiga skala, yaitu skala optimisme, efikasi diri dan resiliensi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif statistik. Hasil penelitian variabel optimisme terhadap resiliensi terdapat pengaruh positif yang signifikan secara statistik, sehingga semakin tinggi nilai optimisme maka akan semakin tinggi pula resiliensi. Variabel efikasi diri terhadap resiliensi terdapat pengaruh positif yang signifikan secara statistik, sehingga semakin tinggi nilai optimisme maka akan semakin tinggi pula resiliensi. Kemudian penelitian ini menujukkan bahwa gabungan pengaruh variabel optimisme dan efikasi diri terhadap resiliensi secara statistik signifikan, dengan nilai signifikasi 0,000 lebih kecil dari ambang batas yang telah di tentukan 0,05 dan nilai f yang dihitung 10,397 melebihi nilai f yang di tabulasikan sebesar 3,99.Referensi
Adni, A., Susani, Y. P., Sari, D. P., & Elizar, L. J. A. (2024). Kajian Literatur: Resiliensi Sebagai Variabel Psikologis Yang Berperan Penting Dalam Proses Pendidikan Mahasiswa Kedokteran. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 23(2), 145–154. https://doi.org/10.30743/ibnusina.v23i2.640
American Psychological Association. (2020). Publication Manual of the American Psychological Association (7th ed.).
Anggraeni, A. D., & Hidayati, D. S. (2024). Dukungan sosial teman sebaya dan resiliensi dengan stres akademik pada mahasiswa rantau tahun pertama. Cognicia, 12(1), 15–24. https://doi.org/10.22219/cognicia.v12i1.29740
Angraini, U. Y., & Rahardjo, W. (2023). Psychological Well-Being Mahasiswa Rantau: Peran Resilience dan Optimisme. Psycho Idea, 21(2), 166. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v21i2.17901
Aprilianti, E. (2024). Integrating Islamic Psychological Principles in Enhancing Students’ Academic Resilience. Nusantara Journal of Behavioral and Social Sciences, 3(2), 63–72. https://doi.org/10.47679/202246
Ardani, T. A., & Istiqomah. (2020). Psikologi Positif. REMAJA ROSADAKARYA.
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2 (II). PUSTAKA BELAJAR.
Azwar, S. (2017). METODE PENELITIAN PSIKOLOGI (II).
Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan Validitas. PUSTAKA BELAJAR.
Azwar, S. (2021). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Ke 3 (Edisi Ke 3). Pustaka Belajar.
BPS. (2022). Statistik Pendidikan Tinggi 2021. In Badan Pusat Statis.
Diskhamarzaweny, D., Dewi, D. K., & Irwan, M. (2023). Pengaruh Self-Determination, Self-Esteem, Self-Efficacy, Optimisme, dan Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pelaku Umkm Di Kabupaten Kuantan Singingi Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Applied Business Administration, 7(1), 31–40. https://doi.org/10.30871/jaba.v7i1.5221
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate SPSS 25.
Hadiansyah, A., Taima, N. S., & Chairunissa, R. S. (2023). Psychological Capital: You are H.E.R.O (Hope, Efficacy, Resilience, Optimism) Jurus Ampu Membangun Konsep Berpikir Positif. Bukunesia.
Ho, H. T. (2021). A home away from home? An interpretative phenomenological analysis of Vietnamese students’ acculturation experiences in Aotearoa-New Zealand. https://openaccess.wgtn.ac.nz/ar
International college students: Challenges and solutions. (2022). In Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/inside-out-outside-in/202202/international-college-students-challenges-and-solutions
Kalisha, S., & Sundari, A. R. (2023). Pengaruh Optimisme dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Resiliensi Menyelesaikan Skripsi Saat Pandemi. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, 3(1), 134–143. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/PsikologiKreatifInovatif/issue/archive
Kase, A. D., Sarwindah Sukiatni, D., Kusumandari, R., & Psikologi, F. (2023). Resiliensi remaja korban kekerasan seksual di Kabupaten Timor Tengah Selatan: Analisis Model Miles dan Huberman. INNER: Journal of Psychological Research, 3(2), 301–311.
Kemendikbud Ristek. (2022). In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). https://www.kemdikbud.go.id/
Kholidin, F. I., & Prasetia, A. T. (2025). Pengaruh Dukungan Emosional Orang Tua dan Efikasi Diri Terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa. 5(3). https://doi.org/10.17977/um065.v5.i3.2025.5
Lestari, R. H. S., Maslahah, W., & Wahyudi, A. (2022). HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME DAN SELF EFFICACY DENGAN RESILIENSI WARGA DUSUN JAMBEREJO DAN KRAJANSAE DI MASA PANDEMI COVID 19 DESA BEJI KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU. Media Bina Ilmiah, 17, 703–712.
Maizan, S. H., Bashori, K., & Hayati, E. N. (2020). Analytical Theory : Gegar Budaya (Culture Shock). Psycho Idea, 18(2), 147. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.6566
Mawaddah, H. (2021). Analisis Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 19. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3633
Monata, R., Ekasari, A., & Puspitasari, D. (2022). Efikasi Diri Akademik Dan Optimisme Dengan Resiliensi Akademik Siswa Yang Belajar Daring Di Sman 2 Cikarang Utara. … : Jurnal Pemikiran Dan …, 000(1), 34–44.
Muslimin, Z. I. (2021). Berpikir Positif Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. 9(1), 115–131.
Muttaqin, V. A., Hidayati, I. A., & Hidayati, A. (2022). Pengalaman Kesepian Pada Mahasiswa Rantau Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Psikostudia, 11(4), 587–602. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i4
Nabila, S., & Ashshiddiqi, A. M. (2023). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Proyeksi, 18(1), 23. https://doi.org/10.30659/jp.18.1.23-35
Polit, D. F., & Beck, C. T. (2006). The Content Validity Index: Are you sure you know what’s being reported? Critique and recommendations. Research in Nurshing & Health, 5(29), 489–497.
Reivich, K., & Shatte, A. (2002). THE RESILIENCE GACTOR 7 KEYS TO FINDING YOUR INNER STRENGTH AND OVERCOMING LIFE’S HURDLES (1st ed.).
Rohmatun. (2024). Derita Mahasiswa Rantau: Homesickness Mahasiswa Rantau Ditinjau Dari Dukungan Sosial Teman Sebaya. PSISULA : Prosiding Berkala Psikologi, 6, 332–339.
Saifuddin, A. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Kencana.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabet.
UIN SALATIGA. (2024). https://www.uinsalatiga.ac.id/
Zagoto, S., & Laurence, F. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2.667
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Khairunnisa Aprilia Nurpriyarni, Muhammad Fahrudin Yusuf

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Ilmiah Psikologi