PENGARUH KEPERCAYAAN SITUS ZOMATO TERHADAP KETERTARIKAN PELANGGAN DALAM MEMILIH RESTORAN SAINE DAISE

Fandeline Sarikho

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan Situs Zomato terhadap ketertarikan pelanggan dalam memilih Restoran Saine Daise. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratifications, Komunikasi Organisasi, Public Relations, Psikologi Komunikasi, Perilaku Konsumen (Consumer Behavior), Komunitas, dan Interaktivitas. Metodologi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan paradigma positivistik dan proses pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai data primer dan studi kepustakaan sebagai data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabilitas dengan menggunakan teknik sampling sensus yang melibatkan total 100 responden. Dimensi yang digunakan pada penelitian ini ada 3 dalam mengukur variabel kepercayaan, yaitu kepercayaan, pencarian informasi, dan sharing. Dimensi yang digunakan untuk mengukur variabel ketertarikan juga ada 3 yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh pada keputusan beli pelanggan dengan nilai koefisien sebesar 0,709 dan koefisien determinasi sebesar 51,5%. Dimensi kepercayaan dalam penggunaan situs sangat penting karena berperan sebesar 2,7933. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan dengan ketertarikan pelanggan.

 

Kata Kunci: kepercayaan, ketertarikan pelanggan

 

ABSTRACT

This research aims to determine the influence of Zomato’s Website credibility on customers’ interest in choosing Saine Daise Restaurant. Uses and Gratifications, Organizations Communication, Public Relations, Psychology Communications, Consumer Behaviour, Community, and Interactivity were used in this research as the based theories and concept. A questionnaire was distributed among 100 respondents who came to Saine Daise Restaurant with three dimensions to measure trust, which were trust, finding informations, and sharing, and three other dimensions to measure interest which were cognitive, affective, and conative. The result of the analysis of the data shows that trust has influenced customer’s interest which is indicated by 0,709 points of coefficient and with 52,5% of determination coefficient. The "trust" dimension plays a very important part compared to other dimension in variable X with the mean of 2,7933. It can be concluded that there is a significant influence between the trust and the customer's interest based on the hypothesis test.

 

Keywords: trust, customer interest


Keywords


kepercayaan; ketertarikan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Alfiani, N. (2015, Juni 26). Sejarah Internet di Indonesia. Diperoleh dari http://www.kompasiana.com/nurulalfiani131016/sejarah-internet-di-indonesia_550115a0a333117f73512b44

Bolisani, E. (2008). Building The Knowledge Society on The Internet: Sharing and Exchanging Knowledge in Networked Environments. USA: Information Science Reference

Buczynski, B. (2013). Sharing is Good. How to Save Money, Time and Resources Through Collaborative Consumption. Canada: New Society.

Dirgapradja, S. (2012, November 18). Food Blogging: Hobby, Idealisme, Jurnalisme Tentang Rasa. The Gastronomy Aficionado. Diperoleh dari https://gastronomy-aficionado.com/2012/11/18/fimela-interview-sept-2012/

Facebook. (2015). State of Connectivity 2015: A Report on Global Internet Access Diperoleh dari https://fbnewsroomus.files.wordpress.com/2016/02/state-of-connectivity-2015-2016-02-21-final.pdf

Fathurrohman, M., N. (2014). Penemu Internet: Leonard Kleinrock. Diperoleh dari https://blogpenemu.blogspot.co.id/2014/01/penemu-internet-leonard-kleinrock.html

Fortner, R., S. and Fackler, P., M. (2014). The Handbook of Media and Mass Communication Theory. UK: John Wiley & Sons, Inc.

Harris, R.,J. and Sanborn, F., W.(Ed).(2014). A Cognitive Psychology of Mass Communication. New York: Routledge.

Hirschberg, C., Rajko, A., Schumacher, T., and Wrulich, M. (2016, November). The changing market for food delivery. Diperoleh dari http://www.mckinsey.com/industries/high-tech/our-insights/the-changing-market-for-food-delivery

Horsager, D. (2009). The Trust Edge: How Top Learders Gain Faster Results, Deeper Relationships, and a Stronger Bottom Line. New York: Free Press.

Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Kurniawan, R. [n.d.]. "Sejarah Perkembangan Internet di Dunia". Diperoleh dari http://www.intipsejarah.com/2014/08/sejarah-perkembangan-internet-di-dunia.html

Lang, G. [n.d.]. Restaurant. Diperoleh dari https://www.britannica.com/topic/restaurant

Lantos, G., P. (2011). Consumer Behavior in Action: Real Life Applications for Marketing Managers. New York: M.E. Sharpe, Inc.

LaRose, S. (Ed). (2006). Media Now: Understanding Media, Culture, and Technology. United States of America: Thomson Learning, Inc.

McLeod, S. (2007). Maslow's Hierarchy of Needs. Diperoleh dari https://www.simplypsychology.org/maslow.html

Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Neuman, W.L.(Ed).(2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Boston, MA: Pearson.

Nielsen. (2016). World Internet Users Statistics and 2016 Worlds Population Stats. Diperoleh dari http://www.internetworldstats.com/stats.htm

Pebriyana, F. [n.d.] Pengertian Blog, Blogger, Blogging, dan Blogspot. Diperoleh dari http://www.ficripebriyana.com/2014/02/pengertian-blog-blogger-blogging-dan.html

Pratama, Y. (2014, April 27). Zomato: Cara Mudah Mencari Resto dan Tempat Makan Di Jakarta. Diperoleh dari http://aplikanologi.com/edukasi/zomato-cara-mudah-mencari-resto-dimanapun-kita-berada/#prettyPhoto

Prisgunanto, I. (2014). Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: CV.

Prisani Cendekia.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Richo, D. (2010). Daring to Trust. United State of America: Shambhala Publications, Inc.

Santoso, S. (2010). Mastering SPSS 18. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sarwono, J. (2006). Strategi Melakukan Penelitian di Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS: Tuntunan Praktis dalam Menyusun Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trihendradi, C. (2013). STEP BY STEP IBM SPSS 21: Analisis Data Statistik. Yogyakarta: C.V ANDI.

West, R. and Turner, L., H.(Ed).(2010). Introducing Communication Theory Analysis and Application. New York: McGraw-Hill.

Yamin, S. dan Kurniawan, H. (2009). SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.