Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi Karyawan di Berrybenka

Nadia Lina Afina

Abstract


Penelitian ini membahas tentang e-commerce mode Berrybenka. Sejak tahun 2015 pemain e-commerce mode semakin meramaikan pasar di Indonesia. Persaingan antar startup e-commerce mode menunjukkan bahwa industri mode online di Indonesia meningkat drastis. E-commerce sekarang sedang marak di masyarakat Indonesia terutama perusahaan seperti Berrybenka. Berrybenka.com adalah situs belanja online fesyen dan kecantikan ternama di Indonesia. Dalam penelitian ini ingin mengetahui apakah adanya pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap motivasi karyawan Berrybenka. Penelitian ini menggunakan teori harapan, konsep iklim komunikasi organisasi, konsep motivasi, konsep gaya kepemimpinan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan 79 kuesioner kepada karyawan permanent Berrybenka yang  telah bekerja minimal satu tahun. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi karyawan Berrybenka sedangkan iklim komunikasi organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi karyawan Berrybenka, dan terdapat pengaruh secara simultan Iklim Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Motivasi Karyawan Berrybenka. Perusahaan Berrybenka disarankan tetap menjaga hubungan komunikasi yang baik agar dapat meningkatkan motivasi karyawan.

 

 

Kata kunci: Iklim Komunikasi Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Motivasi Karyawan, e-Commerce, Berrybenka.

 


Full Text:

PDF

References


Adwani, S. (2015, agustus 6). 9 Website E-commerce Fashion Terbaik di Indonesia. Diperoleh dari techinasia.com: https://id.techinasia.com/gila-fashion-kunjungi-9-website-ecommerce-fashion-terbaik-di-indonesia.

Ardial. (2014). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Bagia, I, W. (2015). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Berrybenka. (2017). Diperoleh dari berrybenka.com:https://berrybenka.com

Faules, R. W. (2006). Komunikasi Organisasi Strategi meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: PT.REMAJA ROSDAKARYA.

Freischlad, N. (2017, Mei 3). techinasia.com. Diperoleh dari www.techinasia.com: https://www.techinasia.com/why-berrybenka-opens-offline-stores

Janie, D. N. A. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press.

Kartono, K. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Liliweri, A. M. (2013). Dasar-dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Gani, A. (2015). Analisis Data; Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. CV.Andi Offset: Yogyakarta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanggraeni, D. (2011). Perilaku Organisasi- Teori, kasus, dan Analisis. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Jogyakarta: CAPS ( Center for Academic Publishing Service.

Hamdani, S. ( 2017, Januari 28) Jakartaglobe.beritasatu.com. Diperoleh dari www.jakartaglobe.com: http://www.jakartaglobe.beritasatu.com/features/berrybenka-amp-business-2017/

Hasibuan, M. S.P. (2005). Managemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Indonesia Akan Jadi Pemain Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara Kominfo.go.id. (2015, November 22). Diperoleh dari kominfo.go.id: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6441/Indonesia+Akan+Jadi+Pemain+Ekonomi+Digital+Terbesar+di+Asia+Tenggara/0/berita_satker/

Muhammad, D. (2017). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Northouse, P. G. (2016). Leadership: Theory and Practice, th edition. Jakarta: Indeks.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi Dan Pengkurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pangumpia, F. (2013) Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di Bank Prisma Dana Manado, Jurnal “ Acta Diurna” Vol II.

Pratama (2017). Alasan Berrybenka Membuat Toko Offline. Diperoleh dari : https://id.techinasia.com/alasan-berrybenka-membuat-toko-offline.

Priyatno, Duwi. (2010). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSSS. Yogyakarta: MediaKom.

Rakhmatulloh. (2016, September 27). Jokowi Lihat Potensi Besar Kembangkan Ekonomi Digital. Diperoleh dari : sindonews.com:https://ekbis.sindonews.com/read/1142713/34/jokowi-lihat-potensi-besar-kembangkan-ekonomi-digital-1474976678

Riadi. (2017). Alasan Berrybenka Kembali Buka Toko Offline. Diperoleh dari: https://selular.id/2017/03/alasan-berrybenka-kembali-buka-toko-offline/

Ridlo, I. A. (2012). Turn Over Karyawan “Kajian Literatur". Surabaya: Public Healt Movement-Indonesia.

Ridwan&Kuncoro, E. A. (2013). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis ( Analisis Jalur ). Bandung: Alfabeta.

Ruliana, P. (2016). Komunikasi Organisasi: teori dan studi kasus. Jakarta: rajawali pers.

Rusli, M. (2014). Pengelolaan Statistik yang Menyenangkan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Robbins, Stephen P. dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Santoso, S. (2006). Seri Solusi Bisnis Berbasis TI: Menggunakan SPSS dan Excel untuk Mengukur Sikap dan Kepuasan Konsumen. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo

Sekaran,U. (2012). Research Methods for Business. United Kingdom.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Silalahi, U. (2010). Metode Penelitian Sosial . Jakarta: Refika Aditama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D . Bandung: Alfabeta.

Suryanto, S. M. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Sujarweni, V.W. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Syaiyid, E., Utami, H., & Riza, M. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja. Jurnal Administrasi Bisnis Vol 1. 104-113.

Thoha, M. (2015). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Umam, K. (2010). Perilaku Organisasi. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Verma, J. P. (2013). Data Analysis in Management with SPSS Software. New Delhi: Springer.

Wahjono, S. I. (2010). Perilaku Organisasi. Jogjakarta: GRAHA ILMU.

Wardhani, S. (2017, September 12). Perkembangan E-Commerce di Indonesia. Diperoleh dari http://validnews.co/Perkembangan-E-commerce-di-Indonesia--1--YXAiJ.

Wibowo, S. M. (2016). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Yukl, G. (2015). Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta : PT. INDEKS.

E-Commerce Fashion Pilihan Layak Dikunjungi. www.hitsss.com. (n.d.). Diperoleh dari hits.com: https://www.hitsss.com/10-e-commerce-fashion-pilihan-layak-kunjung/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.