BUDAYA JAWA DALAM MEMPERKUAT PERSONAL BRANDING VLOG BAYU EKO MOEKTITO
Abstract
AbstrakKehadiran teknologi digital mendorong pemanfaatan media sosial dalam berbagai bidang, yang menciptakan keuntungan bagi pekerjaan dan karir. Video Blog (Vlog) yang memanfaatkan platform youtube seringkali digunakan untuk kegiatan marketing, bukan hanya untuk menjual produk, tetapi juga untuk mengkomunikasikan identitas pribadi seseorang. Vlog dapat menghadirkan berbagai aspek kehidupan seseorang melalui kekuatan audio visual, jika ditambahkan dengan unsur budaya, dapat menciptakan keunikan tersendiri dalam memperkuatpersonal branding seseorang. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji bagaimana peranan budaya Jawa dapat dimanfaatkan untuk memperkuat personal branding seseorang melalui pemanfaatan vlog. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif melalui studikasus pada vlog Bayu Eko Moektito. Hasil penelitian ini, diharapkan mampu memperkaya kajian mengenai personal branding yang menekankan karakter dan budaya Jawa, melaluipenggunaan vlog.Kata Kunci: vlog, budaya, Jawa, personal brandingDownloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak kepada jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution CC BY yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karyanya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awal di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang dipublikasikan.


