MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMILIHJASA SENAM BAYI DI ROCKSTAR GYM
DOI:
https://doi.org/10.51353/jmbm.v1i1.238Keywords:
senam bayi, motivasi psikologis, kualitatifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis motivasi konsumen dalam memilih jasa senam bayi diRockstar Gym. Analisis ini menggunakan teori motivasi psikologis dari McGuire. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini ialah orang tua yang mengikutkan bayinya ke kelas senam bayi dengan melakukan wawancara semi terstruktur dengan jumlah pertanyaan 20 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi konsumen memilih jasa senam bayi ialah mendapat dorongan dari sumber-sumber informasi yang dipercaya melalu, 1) artikel dan blog, 2) media sosial, 3) saran dari dokter, serta melihat langsung, 4) memiliki pengetahuan tentang perlunya senam bayi, 5) momen anak untuk menentukan pilihannya dalam memilih jasa senam bayi, 6) mengekspresikan perkembangan sang buah hati dari sisi kecerdasan otak dan dari sisi kesehatan, 7) ingin mendaftarkan buah hati ke aktifitas pergerakan fisik, 8) khawatir mengenai dunia anak-anak sekarang, 9) ingin mengekspresikan identitas mereka kepada orang sekitar dengan cara memperlihatkan kedekatan mereka dengan sang buah hati, 10) ingin mengembangkan sosialisasi dan memacu perkembangan motorik kasar sang buah hati.Kata Kunci : senam bayi, motivasi psikologis, kualitatifDownloads
References
Adi, T. (2014, July 23). Anak aktif dan sehat, fulus pun mengalir cepat. Diperoleh dari http://peluangusaha.kontan.co.id/ne ws/anak-aktif-dan-sehat-fulus-pun- mengalir-cepat
Aminati, D. (2013). Pijat dan senam untuk bayi. Yogyakarta, Indonesia :
Brilliant Books.
Djaslim Saladin. (2001). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung : Lindakarya.
Edna, S. (2010). Sejuta manfaat dibalik senam bayi. Jakarta: Gazette.
Hawkins, D., & Mothersbaugh, D. (2010).
Consumer behavior building marketing strategy 11th ed. New York : McGraw Hill.
Jurnal Manajemen & Bisnis Madani Vol 1 Tahun 2019
Mayasari, L. (2013, March 22). ASI anda sedikit? Cek penyebabnya di sini. Detik. Diperoleh dari https://health.detik.com/read/2013/03 /22/083358/2200746/763/asi-anda- sedikit-cek-penyebabnya-di-sini
Overview : Classification of class. (n.d). Diperoleh pada September 12, 2017 dari http://www.rockstar- gym.com/id/programs/overview
Probosuseno. (2007). Agar Olahraga Bermanfaat Untuk Kesehatan. Diperoleh pada November 25, 2017, dari http://www.republika.co.id.
Rockstar Overview. (n.d). Diperoleh pada September 12, 2017 dari
http://www.rockstar- gym.com/id/about-us/rockstar- overview
Saputra, H. A. (2013, December 13). 8-33 % anak Indonesia alami gangguan perkembangan. Okezone. Diperoleh dari https://lifestyle.okezone.com/read/20 13/12/13/483/911775/8-33-anak- indonesia-alami-gangguan- perkembangan
Komunikasi Pemasaran.Terpadu,
Inc. 2002,Perilaku Konsumen Jilid I,
Benyamin Molan. : Jakarta : PT
Indeks.
A,Shimp,Terence. (2003).Periklanan
Promosi&Aspek Tambahan
Jilid I (edisi 5). Jakarta:Erlangga.
Hermawan, A. (2006). Penelitian bisnis
paradigma kuantitati. Grasindo.
John C. Mowen. (2001). Consumer
Behavior,Fiveth edition,Harcourt,
Solomon, M. R. (Ed.). (2011). Consumer
alih bahasa Lina Salim. Jakarta:
behavior buying, having, and being
Erlangga.
th ed. USA : Pearson.
Kotler,P.& Armstrong. (2008). Prinsip-
Prinsip Pemasaran 2. Edisi
keduabelas. Jakarta: Erlangga
Kotler, P. & Keller, K.L.
(2009).Manajemen Pemasaran,
Edisi 13. Jilid 1. Alih Bahasa