MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMILIHJASA SENAM BAYI DI ROCKSTAR GYM

Authors

  • Muhammad Awaludin Setiawan

Keywords:

senam bayi, motivasi psikologis, kualitatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis motivasi konsumen dalam memilih jasa senam bayi diRockstar Gym. Analisis ini menggunakan teori motivasi psikologis dari McGuire. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini ialah orang tua yang mengikutkan bayinya ke kelas senam bayi dengan melakukan wawancara semi terstruktur dengan jumlah pertanyaan 20 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi konsumen memilih jasa senam bayi ialah mendapat dorongan dari sumber-sumber informasi yang dipercaya melalu, 1) artikel dan blog, 2) media sosial, 3) saran dari dokter, serta melihat langsung, 4) memiliki pengetahuan tentang perlunya senam bayi, 5) momen anak untuk menentukan pilihannya dalam memilih jasa senam bayi, 6) mengekspresikan perkembangan sang buah hati dari sisi kecerdasan otak dan dari sisi kesehatan, 7) ingin mendaftarkan buah hati ke aktifitas pergerakan fisik, 8) khawatir mengenai dunia anak-anak sekarang, 9) ingin mengekspresikan identitas mereka kepada orang sekitar dengan cara memperlihatkan kedekatan mereka dengan sang buah hati, 10) ingin mengembangkan sosialisasi dan memacu perkembangan motorik kasar sang buah hati.Kata KunciĀ : senam bayi, motivasi psikologis, kualitatif

References

Adi, T. (2014, July 23). Anak aktif dan sehat, fulus pun mengalir cepat. Diperoleh dari http://peluangusaha.kontan.co.id/ne ws/anak-aktif-dan-sehat-fulus-pun- mengalir-cepat

Aminati, D. (2013). Pijat dan senam untuk bayi. Yogyakarta, Indonesia :

Brilliant Books.

Djaslim Saladin. (2001). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung : Lindakarya.

Edna, S. (2010). Sejuta manfaat dibalik senam bayi. Jakarta: Gazette.

Hawkins, D., & Mothersbaugh, D. (2010).

Consumer behavior building marketing strategy 11th ed. New York : McGraw Hill.

Jurnal Manajemen & Bisnis Madani Vol 1 Tahun 2019

Mayasari, L. (2013, March 22). ASI anda sedikit? Cek penyebabnya di sini. Detik. Diperoleh dari https://health.detik.com/read/2013/03 /22/083358/2200746/763/asi-anda- sedikit-cek-penyebabnya-di-sini

Overview : Classification of class. (n.d). Diperoleh pada September 12, 2017 dari http://www.rockstar- gym.com/id/programs/overview

Probosuseno. (2007). Agar Olahraga Bermanfaat Untuk Kesehatan. Diperoleh pada November 25, 2017, dari http://www.republika.co.id.

Rockstar Overview. (n.d). Diperoleh pada September 12, 2017 dari

http://www.rockstar- gym.com/id/about-us/rockstar- overview

Saputra, H. A. (2013, December 13). 8-33 % anak Indonesia alami gangguan perkembangan. Okezone. Diperoleh dari https://lifestyle.okezone.com/read/20 13/12/13/483/911775/8-33-anak- indonesia-alami-gangguan- perkembangan

Komunikasi Pemasaran.Terpadu,

Inc. 2002,Perilaku Konsumen Jilid I,

Benyamin Molan. : Jakarta : PT

Indeks.

A,Shimp,Terence. (2003).Periklanan

Promosi&Aspek Tambahan

Jilid I (edisi 5). Jakarta:Erlangga.

Hermawan, A. (2006). Penelitian bisnis

paradigma kuantitati. Grasindo.

John C. Mowen. (2001). Consumer

Behavior,Fiveth edition,Harcourt,

Solomon, M. R. (Ed.). (2011). Consumer

alih bahasa Lina Salim. Jakarta:

behavior buying, having, and being

Erlangga.

th ed. USA : Pearson.

Kotler,P.& Armstrong. (2008). Prinsip-

Prinsip Pemasaran 2. Edisi

keduabelas. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. & Keller, K.L.

(2009).Manajemen Pemasaran,

Edisi 13. Jilid 1. Alih Bahasa

Downloads

Published

2019-01-25

How to Cite

Setiawan, M. A. (2019). MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMILIHJASA SENAM BAYI DI ROCKSTAR GYM. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 1(1). Retrieved from https://journal.paramadina.ac.id/index.php/madani/article/view/238

Issue

Section

Articles