Perubahan Perilaku Konsumen dan Peran Influencer terhadap Pola Konsumtif dalam Kondisi Pandemi (Studi Kasus pada karyawan yang bekerja secara work from home)

Authors

  • Lingga Yuliana Universitas Paramadina
  • Naomi Saptorinie Paramadina University
  • Tantio Dipo Priantono Paramadina University
  • Ananda Rizkyllah Paramadina University
  • Masnia Universitas Media Nusantara Citra

DOI:

https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i1.599

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis Perubahan Perilaku Konsumen dan Peran dari Influencer Terhadap Pola Konsumtif dari masyarakat yang saat ini bekerja di rumah sebagai akibat kebijakan dari pembatasan sosial berskala besar sampai kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyaratat bersifat darurat sejak Maret 2020 sampai Agustus 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dan metode pengambilan sampel dengan simple random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan dimana perilaku konsumen berpengaruh positif terhadap pola konsumtif, yang ditunjukan antara ke dua variabel memiliki hubungan sangat tinggi. Artinya semakin baik perilaku konsumen maka peran influencer pun akan meningkat. peran influencer berpengaruh positif terhadap pola konsumtif, yang ditunjukan antara ke dua variabel memiliki hubungan sangat tinggi. Kemudian perilaku konsumen dan peran influencer berpengaruh positif terhadap pola konsumtif, yang ditunjukkan antara ke dua variabel memiliki hubungan sangat tinggi. Artinya semakin baik perilaku konsumen dan semakin menginsiprasinya sosok influencer maka pola konsumtif semakin meningkat.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Lingga Yuliana, Naomi Saptorinie, Tantio Dipo Priantono, Ananda Rizkyllah, & Masnia. (2022). Perubahan Perilaku Konsumen dan Peran Influencer terhadap Pola Konsumtif dalam Kondisi Pandemi (Studi Kasus pada karyawan yang bekerja secara work from home). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(1). https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i1.599