Pengaruh Media Sosial dan Persepsi Harga terhadap Impulsive Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Mediasi

Authors

  • Herdian Farisi Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Dede Rahmawati Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.51353/jmbm.v7i1.1008

Abstract

Penelitian ini menggunakan SEM untuk menguji bagaimana media sosial, persepsi harga, dan emosi positif memengaruhi pembelian impulsif produk kosmetik pada 154 konsumen Gudang Kosmetik Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial secara langsung memengaruhi pembelian impulsif, sementara emosi positif berperan sebagai mediator antara persepsi harga dan pembelian impulsif. Temuan yang unik adalah bahwa peneliti tidak menemukan peran mediasi emosi positif dalam hubungan antara media sosial dan pembelian impulsif, mengindikasikan adanya mekanisme yang berbeda dalam memengaruhi konsumen. Temuan ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang perilaku konsumen dalam era digital dan memiliki implikasi penting bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif dalam industri kosmetik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alika, V., Dharta, F. Y., & Arindawati, W. A. (2024). Terpaan Postingan Voucher E-Commerce pada Akun X @discountfess terhadap Pembelian Impulsif Produk Kecantikan Followers. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(12), 2547–2562. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i12.3706

Chen, N., & Yang, Y. (2021). The impact of customer experience on consumer purchase intention in cross-border E-commerce——Taking network structural embeddedness as mediator variable. Journal of Retailing and Consumer Services, 59(October), 102344. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102344

Gonçalves, R., Lins, S. L. B., Aquino, S. D. de, & Souza, L. E. C. de. (2021). O impulso da pertença: a influência da identidade social na compra por impulso de jovens Portugueses. Estudios Gerenciales, 37(161), 521–531. https://doi.org/10.18046/j.estger.2021.161.3977

Hasibuan, R. R., Afifah, H., Purnawati, E., & Farisi, H. (2022). Manajemen Pemasaran (suwali, Ed.; 1st ed.). Tiga Cakrawala.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Jamjuri, Ramdansyah, A. D., & Nupus, H. (2022). Pengaruh Merchandising dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Intervening. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8(2), 171–181.

Juliandi, A. (2018a). Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPLs. Jangan Belajar, 1(was), 1–4.

Lutfiani, I., Farisi, H., & Yuliana, A. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Visual Merchandising, dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Industri Retail Tiongkok di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (Embiss), 4(1), 74–88. https://doi.org/10.59889/embiss.v4i1.282

Madhani, L. M., Sari, I. N. B., & Shaleh, M. N. I. (2021a). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa Di Yogyakarta. At-Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 627–647.

Madhani, L. M., Sari, I. N. B., & Shaleh, M. N. I. (2021b). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa Di Yogyakarta. At-Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 627–647.

Madhani, P. M. (2017). Diverse roles of corporate board: Review of various corporate governance theories. The IUP Journal of Corporate Governance, 16(2), 7–28.

Maharani, P. K., & Giantari, I. G. A. K. (2024). No Title. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 13(9), 1392. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i09.p01

Nasihah, A. Z., & Nur Laili Fikriah. (2023). Pengaruh Online Store Atmosphere dan Promosi Terhadap Pembelian Impulsif Di Mediasi Oleh Emosi Positif. Journal of Economics and Business Aseanomics, 8(1), 12–22.

Nurlie, R. M., Prihatiningrum, R. R. Y., & Rahmawati, E. (2021). Pengaruh Store Image, Store Athmosphere, dan Store Theatric terhadap Impulse Buying dengan Emosi Positif sebagai Variabel Mediasi pada Toko Princess Cosmetic Banjarmasin. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 10(1), 26. https://doi.org/10.20527/jbp.v10i1.9949

Pallikkara, V., Pinto, P., Hawaldar, I. T., & Pinto, S. (2021). Impulse buying behaviour at the retail checkout: An investigation of select antecedents. Business: Theory and Practice, 22(1), 69–79. https://doi.org/10.3846/btp.2021.12711

Poddar, A., Banerjee, S., & Sridhar, K. (2019). False advertising or slander? Using location based tweets to assess online rating-reliability. Journal of Business Research, 99(November 2016), 390–397. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.08.030

Priyatin, A., & Farisi, H. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Trust dan Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (Embiss), 4(1), 60–73. https://doi.org/10.59889/embiss.v4i1.281

Qi, J., Zhang, Z., Jeon, S., & Zhou, Y. (2016). Mining customer requirements from online reviews: A product improvement perspective. Information & Management, 53(8), 951–963. https://doi.org/10.1016/j.im.2016.06.002

Rakhmawati, N., & Farisi, H. (2024). The Influence of Price Value on Consumer Purchase Intention on the Food Delivery Application with the Attitude Variable as Mediation. 26(4), 27–34.

Rizqiah, M. N., Kusdibyo, L., & Rafdinal, W. (2020). Persepsi Konsumen terhadap Influencer Media Sosial dan Niat Membeli Produk Kosmetik di Bandung. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, Bandung, 26-27 Agustus 2020, 11(1), 999–1003.

Saputri, S. F., Sukoco, H., Farisi, H., Yuliana, A., & Andini, M. (2024). Pengaruh Promosi Media Sosial, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Toko Kue Keikeu). Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6424-6434.

Tabar, F. A., & Farisi, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Celebrity Endorser, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Digital , 2(1), 1–19.

Triana, D., Sukoco, H., Farisi, H., & Safitri, A. (2024). Pengaruh Suasana Cafe, Gaya Hidup, Kepuasaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Cafe. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6492-6501.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Pengaruh Media Sosial dan Persepsi Harga terhadap Impulsive Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Mediasi. (2025). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 7(1), 93-111. https://doi.org/10.51353/jmbm.v7i1.1008