PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (SURVEI PADA PT MULIA MEGA MAKMUR)

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (SURVEI PADA PT MULIA MEGA MAKMUR)

Authors

  • Tutut Wahyudi Paramadina University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan iklim komunikasi terhadap organizational citizenship behavior (ocb) pada karyawan PT Mulia Mega Makmur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan gaya kepemimpinan yang dikemukakan oleh Hersey dan Blanchard, dimensi iklim komunikasi oleh Redding serta pedekatan aspek organizational citizenship behavior oleh Organ. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada pegawai setingkat Department Head ke bawah dengan populasi 50 orang dan menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampelnya adalah seluruh orang dalam populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square- Structual Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel gaya kepemimpinan dan iklim komunikasi berpengaruh positif dan signifikan serta simultan pada organizational citizenship behavior dengan nilai R-Square sebesar 0,613. Selain hasil tersebut, ditemukan bahwa iklim komunikasi menjadi variabel yang lebih dominan mempengaruhi organizational citizenship behavior dibandingkan variabel gaya kepemimpinan dengan nilai SE untuk kedua variabel 32,2% dan 29,1%.  

Published

2022-02-16

How to Cite

Wahyudi, T. (2022). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (SURVEI PADA PT MULIA MEGA MAKMUR): PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (SURVEI PADA PT MULIA MEGA MAKMUR). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 3(2). Retrieved from https://journal.paramadina.ac.id/index.php/madani/article/view/551

Issue

Section

Articles